3 Tips Saat Anak Punya Masalah

3 Tips Saat Anak Punya Masalah
Sumber: freepik.com/jcomp

Siapa sih orang tua yang mau anaknya punya masalah? Setiap orang pasti pernah punya masalah, baik itu masalah di sekolah, di kantor, atau bahkan di rumah.

Nah, Ayah Bunda pernah nggak sampai dipanggil oleh pihak sekolah sang anak? Jika dipanggil untuk menerima prestasi tentu kita bangga ya, tapi bagaimana jika dipanggil ke sekolah karena ananda tersayang mengalami masalah di sekolah?

Baca juga

Jika hal ini yang terjadi, Ayah Bunda jangan buru-buru panik apalagi marah kepada Ananda ya. Lantas bagaimana cara menyelesaikannya? Yuk, simak tips berikut ini.

1. Tetap tenang

Tentu hal ini membuat kita kaget, bahkan ada yang langsung panik dan reaktif. Tetaplah bersikap tenang, saat Ayah Bunda mampu bersikap tenang, Ayah Bunda bisa berpikir dengan lebih jernih dan objektif.

Ajak Ananda bicara dan menanyakan apa masalah yang sedang ia alami di sekolah. Dengarkan dulu cerita ananda seperti apa, jangan buru-buru menghakiminya. Jadi, saat bertemu dengan pihak sekolah kita sudah punya gambaran cerita menurut anak kita.

Nah, saat datang ke sekolah dan mendengar penjelasan dari pihak sekolah, kita bisa mengkonfirmasi dan menjelaskan kepada pihak terkait bila ada yang perlu diluruskan. Saat berhasil bersikap tenang, Ayah Bunda dapat membantu ananda meluruskan masalah yang dialaminya.

2. Ciptakan rasa aman

Ayah Bunda harus menciptakan kondisi yang nyaman dan aman saat berkomunikasi dengan Ananda. Kenapa harus nyaman? Untuk menjaga agar tidak terkesan memojokkan, sehingga Ananda mau terbuka dan menceritakan masalahnya. Jangan buru-buru mengambil kesimpulan dan tindakan pada masalah yang dihadapi Ananda tanpa memberikannya ruang yang benar-benar nyaman untuknya bercerita.

3. Jangan main hakim sendiri

Setelah mengetahui permasalahannya dengan jelas, tetap libatkan pihak sekolah untuk mencari jalan keluar yang diharapkan bisa memberikan solusi terbaik bagi semua pihak yang terkait. Ayah Bunda tidak bisa main hakim sendiri, tetap harus ikuti aturan yang berlaku di sekolah. Dengan begitu Ayah Bunda dapat membina komunikasi yang baik dengan lingkungan tempat ananda bersekolah, sehingga kemungkinan masalah terulang lagi bisa dicegah dan diminimalkan. 

Jadi, jangan langsung panik ya Ayah Bunda. Masalah memang bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Semoga bermanfaat. (Lph)

Tinggalkan Balasan