5 Alternatif Permainan di Rumah Tanpa Gadget

Alternatif Permainan di Rumah Tanpa Gadget
Sumber: Freepik

Sebagai orang tua pasti kita merasa khawatir ketika si kecil maunya hanya main gadget terus menerus. Sebagai orang dewasa pasti kita sudah akrab dengan bahaya kecanduan gadget pada anak. Untuk itu, orang tua harus lebih kreatif dalam menghadirkan berbagai alternatif permainan seru yang bisa dilakukan di dalam rumah. Sehingga anak dapat kita alihkan dengan permainan yang lebih bermanfaat bagi dirinya.

Permainan yang baik bagi anak, tidak hanya untuk menghindari kebosanan, namun permainan yang kita pilih sebaiknya juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, sosial, dan juga emosional si kecil.

Baca juga

Pilihlah permainan yang melibatkan anak untuk mengobservasi, mendengarkan, dan memahami situasi, serta yang terpenting membuat si kecil bersemangat dalam melakukannya. Berikut ini 5 alternatif menyiasati si kecil dari masalah gadget.

1. Lego

Jika anak suka dengan kegiatan menyusun dan membangun, lego menjadi pilihan yang baik. Bermain lego dikenal bisa mengasah kemampuan motorik halus anak serta menambah daya imajinasinya.

2. Jigsaw puzzle

Melalui permainan bongkar pasang, anak akan diajak menyusun gambar tertentu dari potongan-potongan kecil yang tidak beraturan. Tak hanya menyenangkan, permainan ini dipercaya juga memiliki banyak manfaat seperti mengasah kegigihan, berpikir kritis hingga melatih koordinasi tubuh anak.

3. Activity book

Activity book atau buku aktivitas bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk mengajak anak rehat dari gadgetnya sekaligus mengenalkan anak pada kebiasaan membaca. Kegiatan dalam sebuah activity book bisa meliputi mewarnai, merobek, menempel, menggunting, dan lain-lain.

4. Pasir kinetik

Berbeda dengan pasir biasa yang sering kali menempel di tangan dan mengotori baju, mainan anak ini tidak lengket dan mudah dibersihkan. Bermain pasir kinetik juga dikenal bisa meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna dan bentuk, berimajinasi hingga mengkoordinasikan mata dan tangan.

5. Board game

Ini salah satu permainan keluarga yang penting bagi keluarga di Eropa. Kini mulai muncul banyak board game dengan muatan lokal seperti si bulan cooking card game, yang merupakan board game resmi dari serial animasi si bulan kaki super. Permainan ini dapat melatih kemampuan anak dalam hal kerjasama, mengenali pola dan warna, mengambil keputusan, serta melatih kecerdasan motorik.

Lima permainan di atas dapat menjadi alternatif saat anak bermain di rumah tanpa gadget ya Ayah Bunda. Salam biMBA. (Hana)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.