5 Cara Kenali Karakter Minat Baca Anak

Cara Kenali Karakter Minat Baca Anak

Pernahkan kalian mendengar pepatah bahwa buku adalah jendela dunia? Ya, membaca buku merupakan jalan termudah untuk mengenal dunia. Mengetahui alam, kota-kota, peristiwa, serta peradaban di belahan dunia lain. Karakter Minat baca sangat penting ditumbuhkan sejak usia dini, sebab akan membuat anak cinta dengan buku. Namun, prosesnya harus menyenangkan ya.

Nah, kita bisa mengenali ciri-ciri anak yang sudah memiliki Minat baca lho. Yuk kita simak lima (5) cara berikut ini:

1. Membaca Kapan Pun dan Di Mana Pun

Jika karakter Minat baca anak telah tumbuh, maka mereka akan semangat membaca kapan pun dan di mana pun. Bukan hanya membaca buku, bahkan saat kita mengajak anak ke suatu tempat, selama perjalanan anak akan menyebutkan huruf, kata, dan kalimat yang ia lihat di ruang publik.

2. Kondisi Anak Lebih Kondusif

Kita dapat memperhatikan anak saat sedang merengek, tetapi ia senang ketika disodorkan buku cerita kesukaannya. Begitulah, anak akan lebih kondusif ketika sedang membaca buku, walaupun anak belum bisa memahami bacaannya. Hanya dengan melihat gambarnya saja membuat anak yang memiliki Minat baca dan mereka akan antusias mengaktifkan imajinasinya, sehingga membaca menjadi hal yang menyenangkan.

Baca juga

3. Anak Akan Dibacakan Buku

Ayah Bunda perlu menyiapkan waktu lebih banyak untuk anak, karena ketika anak telah memiliki Minat baca mereka akan sering meminta untuk dibacakan buku bersama. Bisa buku yang disukai anak atau yang ingin dia ketahui isinya.

4. Berinteraksi Secara Komunikatif

Anak lebih komunikatif saat berinteraksi dengan teman-teman, orang tua, guru, dan lainnya. Artinya saat anak senang membaca, baik membaca sendiri, atau dibacakan cerita oleh orang tua. Anak akan belajar lewat membaca  dan mendengar kata-kata baru, hal ini akan membuat kosakata anak semakin kaya, sehingga anak dapat menggunakan kata dan kalimat yang baik saat berkomunikasi.

5. Kemampuan Memahami

Ketika anak mulai berinteraksi dengan buku, mereka akan menunjukkan kepada kita bahwa ia memahami apa yang dibaca. Anak sangat antusias saat menceritakan kembali isi ceritanya kepada kita dengan membawakan ilustrasi, gaya yang sesuai alur ceritanya, hingga menggunakan bahasa yang sama saat meniru cerita tersebut.

Apakah anak ayah bunda memiliki ciri seperti 5 poin di atas? Nah itu artinya Minat baca anak sudah tumbuh. Tugas kita adalah menjaga dan merawat Minat Baca anak dengan memberikan waktu khusus dalam kegiatan membaca buku bersama, memfasilitasi dengan menyiapkan buku-buku yang sesuai dengan Minat atau kesukaan anak. Jangan lupa berikan apresiasi atau penghargaan dan reward agar anak semangat dalam membaca dan yang paling penting anak semakin bahagia. (NH/F)

Tinggalkan Balasan