5 Moral Pokok yang Harus Diajarkan pada Anak

Moral Pokok yang Harus Diajarkan pada Anak
Sumber: Freepik.com/rawpixel-com

Sebagai orang tua, pastinya kita ingin anak-anak tumbuh menjadi anak yang baik dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, penting sekali kita mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak sejak usia dini. Namun, sebelum kita mengajarkannya kepada anak-anak kita, tentu sebagai orang tua kita perlu menerapkannya terlebih dahulu kepada diri kita sendiri.

Baca juga

Memang ketika kita mendidik anak, sejatinya kita juga sedang mendidik diri sendiri sekaligus sebagai ajang refleksi. Berikut merupakan 5 moral yang perlu diajarkan pada anak.

Kerjasama. Kerjasama dapat diajarkan kepada anak melalui kegiatan bersama anggota keluarga maupun teman-temannya. Pada usia dini anak masih sangat cenderung bersifat egosentris, mereka mungkin awalnya akan kesulitan untuk bekerjasama. Namun, sedikit demi sedikit hal ini perlu diajarkan, misalnya dengan kegiatan berkebun bersama, memasak, membantu pekerjaan rumah. Tentu semua dilakukan dalam suasana yang menyenangkan bagi anak.

Bergiliran. Mengajarkan anak untuk bisa sabar menunggu giliran dan tidak memaksakan kehendak perlu dilakukan sejak dini. Hal ini bisa diterapkan dalam rumah maupun ketika anak bermain bersama teman-temannya. Orang tua perlu sesekali menjadwalkan playdate atau acara bermain bersama anak yang lain, agar anak bisa belajar bersosialisasi. Melalui playdate tersebut banyak hal yang bisa diajarkan pada anak, tentu kita sebagai orang tua perlu mengawasi anak ketika playdate agar bisa menemukan momen emas tersebut. 

Disiplin diri dan tanggung jawab. Disiplin diri juga perlu diajarkan pada anak usia dini. Disiplin dapat dibangun dengan berbagai cara misalnya saat proses latihan MPASI, toilet training, dan dalam praktik adab sehari-hari seperti membereskan mainan, melepaskan sepatu saat masuk rumah, tidak di luar rumah sejak menjelang maghrib, dan lainnya.

Bersikap sopan dan berbahasa yang santun. Sopan santun merupakan moral yang sangat penting dalam kehidupan sosial dan ini perlu dibiasakan sedari kecil, bahkan sejak anak lahir. Cara yang paling ampuh tentunya dengan memberikan teladan sehari-hari. Sebab sejatinya seorang anak akan meniru orang-orang di sekelilingnya.

Kejujuran. Kejujuran perlu dibangun dalam diri anak sejak usia dini. Anak perlu diajarkan untuk berani mengakui jika dia telah berbuat salah. Tentunya hal tersebut memerlukan kontrol diri yang kuat dari orang tua. Orang tua perlu sabar dan tetap bersikap lembut saat anak melakukan kesalahan. Apabila orang tua bersikap keras apalagi memberi hukuman yang berat saat anak mengaku berbuat salah, anak akan takut dan berusaha menutupi kesalahannya di kemudian hari. 

Mari Ayah Bunda kita kuatkan semangat untuk terus belajar mendidik anak dan mendidik diri sendiri. (Hana)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.