5 Rahasia Anak Sehat

Rahasia Anak Sehat
Sumber: Freepik.com/jcomp

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya dapat tumbuh dengan sehat, kuat, dan terhindar dari segala macam masalah ataupun gangguan kesehatan. Untuk dapat mewujudkan hal itu, ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebagai orang tua. Karena memang hal tersebut tidak dapat terwujud dengan sendirinya tanpa adanya suatu usaha.

Baca juga

Jangan sampai karena Ayah Bunda sibuk, si kecil jadi sering konsumsi makanan instan, sering main gadget, dan jarang beraktivitas fisik. Ada 5 tips mudah membentuk tubuh dan jiwa anak yang lebih sehat dan tentunya lebih berkualitas. Yuk simak pembahasan berikut ini.

60 menit aktivitas fisik tiap hari. Ayah Bunda bisa menyisihkan waktu untuk merangsang anak agar bergerak, misal berjalan ke sekolah, bermain di taman, atau membantu pekerjaan ringan di rumah. Agar otot dan tulang anak berkembang dengan baik, Ayah Bunda juga perlu mengajak si kecil minimal 2 hari dalam seminggu untuk beraktivitas fisik seperti berenang atau bersepeda.

Jadikan minum air putih menjadi hobi. Ayah Bunda pasti sudah tahu betapa pentingnya air putih untuk tubuh, baik untuk orang dewasa dan juga anak-anak. Selain itu, konsumsi susu sapi dengan lemak tinggi juga perlu dibatasi untuk si kecil ya Bunda. Bunda bisa menggantinya dengan minuman kaya nutrisi lainnya seperti susu kedelai. Buah segar juga sebaiknya rutin diberikan dibandingkan dengan konsumsi jus buah kemasan yang praktis diminum untuk anak.

Ajak untuk mencintai buah dan sayur. Konsumsi aneka ragam buah dan sayur, akan menjadi investasi yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Setidaknya anak dibiasakan makan 5 porsi buah dan sayur setiap harinya untuk menjaga vitalitas tubuh dan menghindarkan mereka dari penyakit kronis.

Matikan gadget dan televisi. Sudah sangat banyak jurnal kesehatan yang menjelaskan dampak menonton televisi, browsing, dan bermain game terhadap berat badan anak yang berlebih. Ayah Bunda harus menegaskan bahwa batas maksimal anak melakukan kegiatan di depan layar monitor adalah 2 jam dalam satu hari. Sebagai gantinya, seluruh anggota keluarga harus kompak merancang kegiatan lain di dalam maupun di luar rumah.

Mencari camilan sehat. Makanan ringan menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegemaran anak sehari-hari. Dalam masa pertumbuhannya, mereka butuh asupan makanan lebih banyak. Tugas Ayah Bunda adalah memastikan bahwa makanan ringan yang dikonsumsi si kecil sehari-hari adalah makanan yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan si kecil, bukan malah sebaliknya.

Semoga Ayah Bunda dapat menerapkan tips di atas ya, agar anak sehat

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.