6 Etika Pinjam Meminjam Yang Harus Diajarkan Kepada Anak

Sumber: Etika Pinjam Meminjam
Sumber: Freepik.com/pressfoto

Ayah Bunda yang berbahagia, anak merupakan suatu anugerah yang Tuhan titipkan pada kita sebagai orang tua. Kehadirannya membuat hidup semakin indah dan berwarna. Maka dari itu, sudah seharusnya sebagai orang tua kita merasa bahagia atas kehadiran buah hati yang saat ini membersamai.

Namun, sebagai orang tua kita harus berusaha untuk dapat memaknai segala sesuatu dalam hidup ini dan salah satunya yaitu hadirnya Sang buah hati sebagai anugerah sekaligus titipan dari Tuhan.

Anugerah merupakan sebuah pemberian Tuhan yang harus kita syukuri. Sedangkan titipan itu artinya kita diberikan kepercayaan oleh Tuhan untuk menjaga, merawat, dan mendidik Sang anak menjadi pribadi dan generasi yang baik. Ini merupakan bagian dari tugas kita sebagai orang tua baik Ayah maupun Bunda.

Baca juga

Tingkah laku yang baik pada anak tidak bisa tumbuh dengan sendirinya tanpa ada yang membimbing, mencontohkan kepadanya. Ini harus Ayah Bunda tumbuhkan sejak dini pada anak, salah satunya yaitu membimbing anak dalam beretika pinjam meminjam sesuatu kepada orang lain.

Apa saja yang harus kita bimbing pada anak terkait etika pinjam meminjam ini? setidaknya ada 6 etika pinjam meminjam yang harus diketahui.

1. Bertanya terlebih dahulu sebelum meminjam

Beri contoh anak untuk bertanya terlebih dahulu kepada orang yang akan meminjamkan. Contohnya seperti “Ayah, punya pensil atau tidak?”. Biasakan untuk anak bertanya terlebih dahulu sebelum meminjam sesuatu kepada orang lain.

2. Meminta izin sebelum meminjam

Setelah bertanya, maka arahkan anak untuk meminta izin terlebih dahulu apakah boleh atau tidak. Contohnya “Pensil Ayah mau dipakai atau tidak, kalau tidak adek pinjam sebentar ya Ayah.”

3. Tidak memaksa jika tidak diperbolehkan

Poin ini juga penting untuk dijelaskan kepada anak. Jadi, kita tidak boleh memaksa orang lain jika memang orang tersebut tidak mau untuk meminjamkan.

4. Merawat barang yang dipinjam

Beritahukan pada anak bahwa ketika meminjam sesuatu pada orang lain harus bertanggung jawab untuk merawat dan menjaganya dengan baik, agar orang yang meminjamkan tidak kecewa dengan kita.

5. Segera mengembalikan barang jika sudah selesai dipinjam

Anak juga harus diberi pemahaman untuk segera mengembalikan barang yang dipinjam jika sudah selesai digunakan, karena itu bukan milik sendiri dan siapa tahu orang yang meminjamkan akan menggunakan juga.

6. Mengucapkan terima kasih setelah meminjam

Dan terakhir jangan lupa untuk menyampaikan ucapan terima kasih sebagai bentuk rasa syukur sudah meminjamkan sesuatu yang diperlukan. Sehingga orang pun akan merasa senang karena dihargai.

Selain berguna untuk pergaulannya, etika meminjam juga bagus untuk melatih emosi anak, melatih pikiran dan keinginannya melalui cara yang bisa diterima oleh orang lain. (Hana)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.