6 Hak Anak di Rumah, Orang Tua Wajib Tahu

hak anak
Sumber: Freepik

Hak dimiliki setiap individu, termasuk anak-anak. Sejak dini, anak perlu diberi tahu mengenai kewajiban dan haknya. Orang tua harus memberikan hak-hak anak di mana pun ia berada, terutama di rumah. Hal ini penting untuk tumbuh kembang anak.

Sebagai orang tua, Ayah Bunda harus mengetahui secara spesifik tentang apa saja hak anak saat di rumah. Dengan menyeimbangkan antara hak dan kewajiban, ini bisa mendukung anak mendapatkan hidup yang layak. Apa saja hak anak di rumah yang perlu orang tua penuhi? Yuk, Ayah Bunda simak penjelasan berikut ini.

Mendapat kasih sayang orang tua. Kasih sayang orang tua adalah satu hak yang perlu didapat oleh anak. Dengan kasih sayang orang tua, anak akan tumbuh secara optimal. Bentuk kasih sayang pada anak bisa dalam bentuk apa pun. Misalnya, tidak membandingkan anak dengan anak lain, dan sebagainya.

Baca juga

Mendapat perlindungan dan keamanan dari kekerasan. Setiap anak patut mendapat perlindungan dan keamanan dari berbagai ancaman yang bisa membahayakan. Orang tua lah yang menjadi sosok paling utama dalam menjamin perlindungan dan keamanan anak.

Mendapat asupan bernutrisi dan sehat. Agar anak tumbuh dengan optimal, orang tua wajib memberikan asupan dengan gizi seimbang hingga anak dewasa.

Bermain dan berkreativitas. Bermain adalah dunia anak. Menjadi hal yang wajar jika anak ingin selalu bermain. Ayah Bunda ada baiknya juga membebaskan anak melakukan apa yang ia ingin lakukan, tanpa harus dilarang, namum tetap diperhatikan. Dengan demikian maka kreatifitas anak akan mudah terbentuk seiring berjalannya waktu.

Mendapat pendidikan di rumah. Bukan hanya di sekolah, setiap anak memiliki hak mendapatkan pendidikan selama ia berada di rumah. Ayah Bunda dapat memberi contoh hal-hal positif atau yang baik kepada anak, misalnya makan dengan tangan kanan, minum tidak berdiri, dan sebagainya.

Mendapat kesejahteraan hidup. Merasa nyaman, tentram, dan tidak kesulitan adalah bentuk kesejahteraan hidup untuk anak saat ia berada di rumah. Banyak cara yang dapat Ayah Bunda terapkan agar anak merasa nyaman saat berada di rumah, misalnya hindari bertengkar di depan anak, atau tunjukan rasa kasih sayang pada anak dengan mengucapkan “Ayah Bunda sayang kamu Nak,” atau dengan tindakan seperti memeluk dan mencium anak.

Ayah Bunda, siap ya menerapkan tips di atas, agar anak mendapatkan haknya dengan sempurna. (Ap)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.