6 Langkah Mendidik Adab Pada Anak

mendidik adab pada anak
Sumber: Freepik.com/tirachardz

Adab sangatlah penting untuk dikenalkan kepada anak sejak dini, karena adab merupakan bagian dari pendidikan untuk menunjang pembentukan kepribadian anak. Kata adab sendiri memiliki makna sebagai kehalusan dan kebaikan budi pekerti serta kesopanan. Menurut KBBI “beradab” berarti memiliki adab, mempunyai bahasa yang baik, berlaku sopan.

Zaman sekarang adab seperti menjadi sesuatu yang kurang penting, nyatanya banyak kita jumpai baik mulai anak-anak sampai yang dewasa pun kurang memperhatikan sopan santun atau tingkah laku yang baik kepada orang lain. Pendidikan adab ini sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, agar kelak menjadi karakter yang baik saat sudah dewasa.

Sebagai orang tua pastinya kita tidak ingin anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang tidak sopan, membangkang, tidak memiliki rasa hormat kepada orang tua atau berperilaku buruk ya Ayah Bunda. Maka dari itu, sejak dini mari kita didik anak-anak kita dengan adab yang baik agar nantinya dapat tumbuh menjadi anak yang membahagiakan.

Baca juga

Berikut ada 6 langkah yang bisa kita lakukan untuk mendidik adab pada anak

Tanamkan keyakinan pada Tuhan. Keyakinan ibarat sebuah akar dalam sebatang pohon, apabila akarnya kuat maka pohon akan tumbuh dengan kokoh. Ketika anak sudah ditanamkan keyakinan tentang sifat dan keberadaan Tuhan, maka anak pun akan memiliki keyakinan sampai dewasa nantinya sehingga akan menjadi pribadi yang berkarakter baik.

Kenalkan kepribadian dan sosok orang yang baik yang bisa dijadikan teladan banyak orang. Berikan keteladanan yang baik kepada anak, contohnya bisa kita ceritakan kisah-kisah tokoh terdahulu yang sangat berjasa seperti para pahlawan bangsa, para guru, dan tokoh lainnya. Sehingga anak mengenal mereka dan bisa meneladani sifat dan sikap mereka.

Jadi teladan untuk anak. Tentu saja poin ini juga menjadi bagian penting dalam proses pendidikan anak. Anak setiap saat akan melihat dan memperhatikan segala tindakan yang dilakukan kita sebagai orang tua, pastinya dia akan menirunya. Sebagai orang tua kita pun harus mencontohkan bagaimana perilaku yang baik yang harus dilakukan.

Biasakan mengucapkan kalimat yang baik. Jangan sampai anak mendengar kata-kata buruk yang terucap dari lisan kita sebagai orang tua, karena pasti anak akan ikut mengucapkan kata-kata buruk tersebut. Maka, kita biasakan dan contohkan anak untuk mengucapkan kata-kata yang baik, seperti membiasakan untuk berdo’a sebelum melakukan sesuatu, tidak menghina orang lain dan lainnya.

Jauhkan anak dari lingkungan yang buruk. Faktor lingkungan ini juga perlu diperhatikan Ayah Bunda, karena ini juga akan berpengaruh pada pola perilaku dan kebiasaan anak kita. Sebagai orang tua kita harus dapat pastikan bahwa anak kita berada dalam lingkungan yang baik.

Selektif dalam memilih tayangan media. Baik melalui media elektronik maupun media sosial. Kontrol dan pendampingan harus senantiasa dilakukan oleh orang tua. Jangan membiarkan anak main gadget atau pun menonton TV sendiri tanpa dikontrol dan pendampingan dari orang tua.

Ayah Bunda, yuk sama-sama kita lakukan 6 langkah tersebut, semoga dengan begitu anak-anak kita dapat menjadi anak yang beradab hingga dewasa kelak. (Hana) 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.