7 Kegiatan Seru Saat Physical Distancing

Kegiatan Seru Saat Physical Distancing
Sumber: Freepik.com/master1305

Seperti yang kita ketahui, bahwa jumlah penderita covid-19 di Indonesia terus meningkat. Untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus corona yang mudah menular ini, pemerintah Indonesia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan masyarakat untuk menjaga jarak aman dengan orang lain melalui physical distancing.

Apa Itu physical distancing? Physical distancing atau pembatasan jarak fisik adalah upaya yang dilakukan untuk mengendalikan penyebaran infeksi virus corona dan mencegah covid-19. Oleh sebab itu, aktivitas di luar rumah memang harus dikurangkan sebagai langkah dalam menghambat penyebaran virus corona.

Pengurangan aktivitas di luar rumah dapat membuat anak cepat bosan. Apalagi ketika anak harus berada di rumah dalam waktu yang cukup lama. Supaya anak tidak cepat bosan, maka Ayah Bunda harus menyiapkan ide kegiatan yang menarik selama di rumah.

Baca juga

Ayah Bunda juga bisa mengubah kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari menjadi sarana bermain sambil belajar untuk anak, lho. Berikut beberapa ide kegiatan seru yang bisa Ayah Bunda lakukan bersama anak di rumah.

Membaca Buku

Mengajak anak membaca buku atau membacakan buku kepada anak, dapat membuat pikirannya tetap aktif. Jika Ayah Bunda sering membacakan buku, maka kebiasaan membaca buku pada anak dapat terbentuk. Agar tidak mudah bosan, Ayah Bunda bisa menirukan berbagai macam ekspresi sesuai dengan karakter atau tokoh dalam cerita, lho.

Mendongeng

Agar kreativitas dan kemampuan linguistik anak bertambah, Ayah Bunda bisa membacakan dongeng pada anak secara langsung. Jangan lupa mengajak anak untuk berekspresi dengan cara memintanya mendongeng ulang cerita yang telah Ayah Bunda bacakan dengan gayanya sendiri. Ayah Bunda juga bisa mengajak anak untuk membuat pertunjukan seperti teater, menari, menyanyi di rumah agar anak tidak merasa bosan.

Berolahraga sambil berjemur

Ayah Bunda dapat mengajak anak untuk berolahraga bersama di pagi hari sambil berjemur. Berolahraga sambil berjemur baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak serta memperkuat tulang dan daya tahan tubuh. Ingat, walaupun hanya di rumah, usahakan agar anak tetap aktif bergerak agar tubuhnya sehat. 

Masak bersama

Meski terlihat sederhana, kegiatan memasak bersama adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Ayah Bunda bisa mengajak anak mempersiapkan makan siangnya sendiri atau mencoba resep-resep baru yang menarik. Ayah Bunda dapat memberikan tugas yang ringan-ringan saja, seperti menimbang bahan, mengaduk adonan, atau menghias makanan, serta pilihlah menu masakan yang simple dan disukai anak.

Berkebun

Berkebun salah satu kegiatan yang menyenangkan di rumah. Dengan berkebun, anak dapat belajar tentang tumbuh-tumbuhan, selain itu dapat meningkatkan kesabaran serta melatih sikap tanggung jawab. Ayah Bunda bisa mengajak anak menyemai bibit dan juga menyiram tanaman sambil mencatat perkembangan tumbuhan yang ia tanam.

Membuat kerajinan tangan

Kegiatan seru selanjutnya yaitu membuat kerajinan tangan. Menggambar, mewarnai, melipat kertas hingga membentuk lilin dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan buat anak di rumah. Jika bingung ingin membuat karya dalam bentuk apa, Ayah Bunda dapat mencari ide kerajinan tangan di internet.

Bermain Modul

Agar anak semakin semangat dalam belajar, Ayah Bunda dapat mengajak anak dengan cara yang menarik untuk mengulang modul baca biMBA AIUEO yang telah dikerjakannya. Misal ajak anak bermain sulap-sulapan dengan cara melipat modul baca tersebut, sehingga gambar yang ada menjadi hilang. Lalu arahkan anak untuk membaca kata sederhana yang ada di dalam modul untuk memunculkan gambarnya kembali.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa Ayah Bunda lakukan bersama anak untuk menghilangkan kebosanan selama berada di rumah. Lakukan kegiatan yang berbeda setiap harinya agar anak tidak jenuh. Selain itu, Ayah Bunda juga bisa mencoba menjelaskan tentang virus corona kepada anak agar ia mengerti alasan mengapa semua orang tidak diperkenankan untuk bepergian selama wabah virus corona. (Aps)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.