7 Ucapan yang Sering Orang Tua Lupa Katakan pada Anak

ucapan yang sering orang tua lupa katakan kepada anak.
Sumber: Freepik

Anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kewajiban kita sebagai orang tua untuk memberikan pendidikan yang berbasis cinta dan kasih sayang. Tentu ada berbagai tantangan yang kita hadapi sebagai orang tua ketika membimbing dan mendidik anak. Anak cenderung belajar dengan cara melihat dan mendengar ucapan orang tua. Itulah sebabnya sebagai orang tua, kita harus lebih berhati-hati dengan pemilihan kata yang diucapkan kepada anak. Ucapan orang tua memiliki pengaruh yang kuat dan bahkan bisa tertanam dalam pikiran anak hingga ia dewasa. 

Baca juga

Usia dini adalah masa-masa kritis dari perkembangan anak. Di masa ini, Ayah Bunda punya kesempatan menggunakan kata-kata positif yang bisa membantu anak tumbuh menjadi individu yang baik dan bijaksana. Kata-kata positif ini akan menjadi sugesti bagi anak, tertanam dalam pikirannya sehingga bisa membuat anak percaya diri, merasa dihargai dan disayangi oleh orang tua. Namun sebenarnya, ada beberapa ucapan sederhana dari orang tua yang memiliki manfaat besar bagi anak dan kerap terlupakan. Berikut adalah ucapan yang sering orang tua lupa katakan kepada anak.

1. “Ayah dan Bunda sayang Kakak! Kakak membuat Bunda bahagia.”

Ucapan ini akan membuat anak merasa bahwa keberadaannya bernilai. Dengan mendengar ucapan ini konsep diri anak akan terbentuk. Beritahu kepada anak bahwa keberadaannya membuat Ayah Bunda bahagia. 

2. “Bunda bangga melihat Kakak sudah berusaha.”

Bangun kompetensi anak dengan memberikan ucapan pujian yang berfokus pada prosesnya bukan hasilnya. Memuji atas usaha yang sudah anak lakukan akan membuat anak menghargai dirinya dan semakin terbangun rasa percaya dirinya.

3. “Hore, Ayah bangga sama Kakak, selamat ya!”

Ucapan ini bisa membangun rasa pemenuhan diri anak ketika berhasil mencapai sesuatu. Ucapan yang bisa membangkitkan rasa percaya diri anak, sehingga ia akan semakin semangat berusaha dan mencoba hingga akhirnya anak tumbuh menjadi anak yang tangguh.

4. “Bagi Ayah dan Bunda, Kakak sangat istimewa.”

Setiap anak itu unik dan istimewa, dengan ucapan ini Ayah Bunda berarti telah membangun harga diri anak. Sehingga anak akan tumbuh menjadi anak yang menghargai diri sendiri dan orang lain.

5. “Ayo, Bunda percaya Kakak bisa! Kita coba sama-sama ya!”

Bimbing anak agar tidak takut gagal. Bangun kepercayaan dirinya dengan melakukan bersama-sama. Kepercayaan seluruh keluarga kepada diri anak akan menjadi pondasi yang kokoh saat anak terjun ke dunia luar. Ucapan ini bisa membangun ikatan kebersamaan yang kuat antara orang tua dan anak. 

6. “Ayah Bunda ada di sini untuk Kakak.”

Bantu anak mengatasi kegelisahan dan ketakutan hidup dengan memberitahukan bahwa Ayah Bunda akan selalu ada di sampingnya.

7. “Terima kasih sudah lahir menjadi anak Ayah dan Bunda.”

Ucapan ini sederhana namun memiliki makna yang besar. Dengan ucapan ini Ayah Bunda bisa membangun rasa syukur anak terhadap apa yang ia miliki. 

Tugas kita adalah memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pendidikan yang berbasis cinta dan kasih sayang. Dengan mengucapkan ungkapan cinta ternyata sangat berpengaruh bagi pembentukan karakter anak. Tetap semangat ya Ayah Bunda. (NNF)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.