9 Alasan Mengapa Membaca itu Penting

Mengapa Membaca itu Penting

Apa saja alasan mengapa membaca itu penting?

Banyak orang sudah mengetahui bahwa kegiatan membaca adalah salah satu hal yang penting dalam hidup kita. Tetapi pernahkah kita bertanya terhadap diri kita sendiri, mengapa membaca itu penting? Berikut ini akan diuraikan sembilan alasan mengapa membaca itu penting :

1. Mengekspos hal baru dalam diri sendiri

Dengan membaca kita akan mendapatkan banyak informasi baru. Kita juga dapat mengekspos berbagai hal baru dalam diri kita sendiri. Bisa jadi hal ini belum kita sadari sebelumnya. Misalnya, kita bisa menemukan hobi baru, mengeksplor sesuatu hal yang benar-benar kita sukai, menemukan cara baru dalam menyelesaikan suatu masalah, menemukan cara baru untuk mencapai sesuatu hal yang kita ingin capai dan membuat karir kita lebih baik dari sebelumnya. Semua hal tersebut dapat kita peroleh dengan membaca dan memahami apa isi bacaan tersebut.

2. Perbaikan diri

Banyak membaca akan membantu kita untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kita jadi bisa tahu, begitu banyak hal menarik yang dapat kita pelajari. Misalnya bagaimana cara membangun kepercayaan diri, bagaimana membuat suatu perencanaan yang baik sebelum kita mengambil tindakan, bagaimana cara kita mengingat suatu hal dengan baik dan lain-lain. Menurut Professor Charles William Eliot, 21st President of Harvard University, America, bahwa buku adalah guru yang paling sabar dan penasehat yang paling bijaksana. Kita bisa mendapatkan banyak hal dari buku, tanpa kita merasa digurui oleh sang buku.

3. Meningkatkan pemahaman

Semakin banyak kita membaca, semakin banyak hal yang akan kita ketahui. Mulai dari A-Z, kita akan paham segala sesuatunya. Membaca juga akan meningkatkan pemahaman kita mengenai kaidah kehidupan. Misalnya, bagaimana kita harus beradaptasi, mengadopsi, dan menerapkan suatu hal dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini diibaratkan seperti dalam suatu permainan. Bila kita ingin permainan itu berjalan dengan baik, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu aturan atau kaidah yang ada dalam permainan tersebut.

4. Memiliki persiapan sebelum bertindak

Membaca dapat menambah wawasan kita akan berbagai hal. Terkadang apa yang telah kita baca akan membantu kita dalam mengambil suatu tindakan tertentu. Misalnya, ketika anak mencoret-coret tembok, pada umumnya orangtua akan memarahi anak tersebut. Ada juga orangtua yang merespon dengan berbicara kasar hingga bertindak secara fisik terhadap anaknya. Namun, dengan banyak membaca hal-hal yang berhubungan dengan parenting, edukasi dalam mendidik anak dan sebagainya, maka orang tua cenderung lebih mudah untuk mengendalikan emosinya. Pengetahuan yang sudah diperolehnya dari membaca justru akan membantunya dalam bertindak, bagaimana sebaiknya menangani anak yang sering mencoret tembok. Oleh karena itu membaca merupakan langkah awal dari banyak hal. Membaca bisa menjadi pondasi dasar yang kuat sebelum kita melanjutkan memanjat untuk mencapai sesuatu yang lebih besar di luar sana.

5. Mendapatkan pengalaman dari orang lain

Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan dengan belajar dari pengalaman hidup para orang-orang besar. Bagaimana jatuh bangunnya mereka hingga mereka dapat mencapai puncak kesuksesan. Cerita pengalaman mereka bisa menjadi gambaran bagi kita agar tidak mengulang kesalahan sama yang telah dilakukan orang pada masa lalu. Hal ini dapat membantu kita agar tetap fokus pada jalan yang benar dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

6. Sumber informasi & Alat komunikasi

Membaca merupakan salah satu bentuk komunikasi. Dengan membaca, kita akan mengetahui banyak hal sehingga akan mempermudah kita dalam berbagi informasi dengan orang lain. Tetapi bila kita tidak punya bekal informasi, sulit bagi kita untuk berkomunikasi dengan orang lain karena kita sendiri tidak mengerti apa yang orang lain bicarakan di luar sana. Oleh karena itu membaca dapat menghubungkan kita dengan dunia luar dan bisa menjadi pondasi kuat dalam berkomunikasi dengan orang lain.

7. Melatih otak

Aktifitas membaca merupakan aktifitas yang paling kompleks. Membaca akan menghubungkan jaringan otak yang satu dengan lainnya. Ketika membaca kita berada pada proses keheningan yang menghubungkan langsung ke otak kita. Dalam situasi yang hening ini, otak akan lebih mudah untuk fokus. Situasi ini juga dapat melatih konsentrasi kita biasanya kita akan lebih mudah memahami apa yang penulis ungkapkan dalam bacaannya. Dengan demikian membaca dapat melatih otak kita dengan baik.

8. Mendorong imajinasi dan kreatifitas

Membaca menghadapkan kita pada dunia imajinasi. Ketika kita membaca otak kita sambil membayangkan para tokohnya, lokasi, dan berbagai hal yang terjadi dalam bacaan tersebut. Selain itu kita juga berimajinasi bagaimana karakter dan perasaan yang mereka mainkan. Kita menggunakan perasaan kita sendiri untuk membayangkan bagaimana perasaan kita bila menghadapi situasi yang sama. Membaca juga dapat mendorong kreatifitas kita. Misalnya, dalam melihat suatu masalah, kita terbiasa menyelesaikan dengan cara yang biasa kita lakukan. Tetapi dengan banyak membaca, kita jadi bisa memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melihat suatu masalah yang sama. Sehingga kita bisa menemukan solusi lainnya dan menyelesaikan dengan cara yang berbeda. Siapa tahu akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari cara yang biasa kita gunakan sebelumnya. Dengan demikian membaca dapat mendorong imajinasi kita untuk membuat suatu kreatifitas yang lebih baik.

9. Relaks badan dan pikiran

Ketika membaca kita dapat bersantai sejenak sambil mengistirahatkan badan dan pikiran. Lupakan sejenak rutinitas harian yang sangat melelahkan. Setiap hari kita dibombardir oleh berbagai kerjaan, keramaian suara televisi dan radio, cahaya dari computer, dan berbagai gadget lainnya. Itu semua telah membuat otak kita merasa lelah dan stress. Bagaimanapun juga, sesekali waktu badan dan otak membutuhkan ketenangan. Mereka juga butuh refreshing agar bisa segar kembali. Salah satu solusinya adalah dengan membaca!
(Ranis Sastri)

Sumber :

http://Inspirationboost.com/8-reasons-why-reading-is-so-important
http://everydayadventure11.blogspot.com.au/2011/11/10-reasons-why-reading-is-important-for.html?m=1

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: