9 Jenis Kecerdasan Anak

9 Jenis Kecerdasan Anak
Sumber: Freepik

Kecerdasan yang selama ini kita kenal umumnya terbatas hanya pada aspek yang itu-itu saja. Misalnya, kecerdasan logika matematika, yakni kemampuan anak mengenal angka dan cakap berhitung dengan cepat. Padahal ternyata menurut Howard Gardner, Ph.D, pakar psikologi dari Amerika Serikat, kecerdasan mencakup banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Setidaknya ada 9 bentuk kecerdasan menurut Howard Gardner, atau biasa disebut juga dengan multiple Intelligences (kecerdasan majemuk). Kesembilan kecerdasan majemuk tersebut adalah kecerdasan linguistik, visual spasial, musikal, logika matematika, interpersonal, intrapersonal, kinestetis, naturalis, dan eksistensial.

Setiap anak bisa saja memiliki 9 jenis kecerdasan ini, hanya saja ada anak yang hanya menonjol pada satu atau dua jenis kecerdasan saja. Sebagai orang tua, kita tidak bisa memaksakan anak untuk menjadi hebat di semua bidang. Namun, kita dapat membantu mengoptimalkan semua Minat yang anak miliki dalam setiap area kecerdasannya. 

Selain itu, orang tua tidak perlu membandingkan kecerdasan anak kita dengan anak yang lainnya, karena setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Cukup kita syukuri dan berikan motivasi pada anak agar bisa mengoptimalkan Minat dalam dirinya.

Baca juga

Ayah Bunda pasti ingin mengetahui apa saja 9 kecerdasan menurut Howard Gardner tersebut.  Berikut penjelasan mengenai 9 kecerdasan pada anak yang bisa kita ketahui. 

1. Kecerdasan verbal-linguistik

Anak terampil mengolah kata-kata, senang bercerita, senang menulis dan membaca.

2. Kecerdasan visual-spasial

Biasanya anak terampil menggambar, kreatif, dan imajinatif dalam segala hal.

3. Kecerdasan musikal

Anak akan terlihat senang bernyanyi dan mendengarkan musik, mampu mengingat nada dan irama, serta mampu memainkan alat musik.

4. Kecerdasan logis-matematis

Kecerdasan ini membuat anak akan senang bermain angka, mampu menyelesaikan soal hitungan, senang dengan permainan yang melibatkan strategi, dan suka menganalisa.

5. Kecerdasan interpersonal

Dengan memiliki kecerdasan ini, anak akan mudah untuk bergaul, anak juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan memiliki empati yang besar terhadap orang lain.

6. Kecerdasan intrapersonal

Anak yang dominan dengan kecerdasan ini, dia akan cerdas dalam memahami dirinya sendiri, lebih suka menyendiri, suka berpikir mendalam dan serius.

7. Kecerdasan kinestetis

Ketika anak suka berolahraga, menari, mampu meniru gerakan-gerakan yang dia lihat. Ini menunjukkan bahwa anak memiliki kecerdasan kinestetis dalam dirinya.

8. Kecerdasan naturalis

Kecerdasan ini akan mengantarkan anak untuk menyukai suasana alam seperti: memelihara binatang, senang bercocok tanam, dsb. Intinya anak akan mudah bersahabat dengan alam dan makhluk hidup lainnya.

9. Kecerdasan eksistensial

Anak akan senang untuk berpikir filosofis, peka pada nilai-nilai spiritual, dan religius.

Ayah Bunda, itulah 9 jenis kecerdasan pada anak. Ayah Bunda bisa memperhatikan kecerdasan apa yang menonjol pada Ananda di rumah dan bantu anak untuk mengasah kecerdasannya. (Hana)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.