Anak Belum Bisa Baca? Apa Solusinya?

Anak Belum Bisa Baca? Apa Solusinya?

Ayah bunda, sebentar lagi ananda akan masuk SD. Biasanya begitu anak sudah waktunya masuk SD, hampir semua orang tua stres. Bukan hanya lantaran mencari sekolah yang pas, tetapi juga bisa karena ananda belum dapat membaca.

Dalam ilmu psikologi dan kedokteran, diagnosa keterlambatan perkembangan bicara disebut disleksia. Disleksia adalah gangguan neurologis yang mempengaruhi perkembangan membaca dan menulis saat anak berusia setidaknya 8 tahun. Gejala utamanya adalah kesulitan dalam memahami bacaan.

Namun, bukan berarti semua anak yang mengalami keterlambatan membaca langsung divonis disleksia karena perlu pemeriksaan mendalam untuk memastikannya.

Lalu apa problem yang sebenarnya?

Tidak adanya minat belajar

Minat diartikan sebagai dorongan dari dalam diri sendiri untuk mengerjakan sesuatu. Pada anak, minat akan muncul jika ia mengerjakan apa yang ia suka. Agar anak mau dan suka membaca, gunakan metode yang menyenangkan. Jika anak belum tertarik untuk membaca, namun metodenya dirancang dengan menyenangkan maka akan tumbuh ketertarikan untuk membaca. Setelah mampu membaca maka kegiatan membaca akan semakin menyenangkan bagi anak. Proses inilah yang dilakukan di biMBA-AIUEO.

biMBA menerapkan metode 100 % fun learning, artinya semua kegiatan yang dilakukan harus sepenuhnya menyenangkan dengan cara bermain sambil belajar. Bermain adalah anak mengerjakan sesuatu yang menyenangkan baginya tanpa memikirkan masa yang akan datang. Anak mana sih yang ga suka bermain? Coba ayah bunda perhatikan kegiatan yang dilakukan anak dari bangun tidur sampai tidur lagi di malam hari, kegiatan apa yang paling banyak dilakukannya? Ya, hampir seluruh waktunya dihabiskan untuk bermain.

Bagaimana caranya agar bermain menjadi terarah dan hasilnya positif? Ayah bunda bisa mengajak anak bermain huruf dan kata dengan cara berdialog, bernyanyi, bercerita, dongeng dan permainan. Untuk info lengkapnya, silahkan ayah bunda mengunjungi TV biMBA, di sana ayah bunda dapat melihat video pembelajaran yang dilakukan di biMBA-AIUEO untuk bisa ayah bunda terapkan di rumah bersama ananda tercinta.

Baca juga

Tidak bertahap

Lakukan pengenalan membaca secara bertahap, jangan tiba-tiba langsung dikenalkan dengan huruf kemudian ayah bunda minta anak untuk menghafalkannya karena pasti akan membosankan baginya. Lalu bagaimana caranya agar bertahap dan menyenangkan?

Pertama ayah bunda dapat mengenalkan bunyi huruf terlebih dahulu. Ayah bunda bisa mengajak anak bernyanyi lagu alfabet. Selain itu perdengarkan juga bunyi kata, awali dengan memperdengarkan kata kembar yang bermakna, mudah diucapkan, dekat dengan anak dan ada gambarnya seperti mama, papa, dede, susu, yoyo, dll.

Metode ini disebut dengan small step system, artinya proses belajar di biMBA-AIUEO dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan kemampuan serta kemauan anak, dan pendekatannya disesuaikan dengan karakter, dan kesukaan anak (individual system) sehingga dapat tercipta proses belajar yang menyenangkan bagi anak.

Ayah bunda ingin ananda punya minat belajar? Silahkan kunjungi unit biMBA-AIUEO terdekat dan nikmati fasilitas coba gratis sampai ayah bunda yakin.

Sampai Jumpa di unit biMBA-AIUEO. Salam biMBA. (LPH)

Tinggalkan Balasan