Asyiknya Bermain dan Belajar Bercocok Tanam di Pedesaan

Asyiknya Bermain dan Belajar Bercocok Tanam di Pedesaan

Bogor – Tidak sabar rasanya ingin melihat suasana pedesaan. Di pagi yang cerah murid biMBA Pondok Kacang Prima telah berkumpul untuk melakukan perjalanan wisata edukasi. Meskipun perjalanan mencapai 2 jam, tetapi murid biMBA tetap semangat bertualang. Di sana, mereka bisa melihat pemandangan perbukitan yang indah dan asri, udaranya juga sejuk sekali. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 10 November di Villa Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Sebelum berbaur dengan alam, mereka berkumpul bersama dan mengawali kegiatan dengan berdoa, pentas baca, dan bermain modul. Setelah itu, mereka diajak untuk belajar cara menanam. Mulanya, mereka berhasil menanam benih bayam dan sayuran lainnya, mereka juga berhasil memanen tanaman singkong yang bisa mereka bawa pulang. Selain bercocok tanam, murid biMBA juga berkesempatan untuk memberi makan hewan ternak dan melukis celengan, lho! Seru, kan?

Kepala Unit biMBA Pondok Kacang Prima, Erna Yuli Haryati mengatakan, “Tujuan kegiatan ini agar anak mandiri dan melatih ketangkasan anak, serta mampu bersosialisasi dengan teman-temannya. Di sini juga selain tempatnya luas, nuansanya alami, penuh dengan tanaman dan hewan. Ada arena bermain untuk anak. Selain itu, kami bisa saling memupuk kekeluargaan dan bersilaturahmi sebagai wadah keluarga besar biMBA pondok kacang Prima,” ujarnya.

Erna Yuli Haryati berharap biMBA Pondok Kacang Prima bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar dan mampu menciptakan eksistensinya dalam dunia pendidikan anak, khususnya di pendidikan anak usia dini. “Biasanya anak-anak belajar di dalam kelas dengan kapasitas ruang dan gerak terbatas. Sekarang mereka punya pengalaman bermain sambil belajar di alam dan ruang terbuka. Bukan hanya murid tetapi orang tua juga ikut antusias.” (Ern)

Berkumpul bersama sebelum kegiatan di alam
Berkumpul bersama sebelum kegiatan di alam
Menanam benih bayam dan sayuran lainnya
Menanam benih bayam dan sayuran lainnya
Memanen tanaman singkong
Memanen tanaman singkong
Memberi makan hewan ternak
Memberi makan hewan ternak
Melukis celengan
Melukis celengan

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: