Asyiknya Mengenal Rambu Lalu Lintas

Mengenal Rambu Lalu Lintas

Tanah Bumbu – Pengalaman menarik kali ini datang dari biMBA cabang Gunung Antasari, Kalimantan Selatan. Murid-murid biMBA diajak untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas dalam sebuah acara fieldtrip bertemakan “Sedini mungkin mengenalkan pentingnya rambu rambu lalu lintas kepada anak”. Keseruan ini berlangsung pada Rabu, 24 April 2019 di Polres Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Awalnya murid biMBA berkenalan dengan beberapa polisi yang akan memandu kegiatan hingga akhir. Ibu polwan mengajak murid biMBA bertamasya mengenalkan satu per satu rambu lalu lintas. Murid biMBA terlihat antusias dan semangat mendengarkan penjelasannya.

Rambu warna hijau bermakna sebagai petunjuk informasi. Misal, informasi mengenai lokasi atau tempat. Selain warna hijau ada juga rambu warna cokelat. Bedanya, warna cokelat menunjukkan lokasi wisata atau ruang publik, misalnya museum,” ungkap bu polwan sambil menunjuk gambar. Selain itu, masih ada rambu berwarna biru yang bermakna perintah, warna merah yang bermakna larangan, dan rambu berwarna kuning yang berarti peringatan.

Baca juga

Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tanah Bumbu, Amin Firdaus menjelaskan tentang berkendara di jalan raya itu tak semata terampil mengemudi. Ada sejumlah aspek perlu diperhatikan untuk mewujudkan lalu lintas jalan yang aman. “Rambu berfungsi menata lalu lintas jalan menjadi lebih harmonis. Sebab untuk mencapai ketertiban lalu lintas tetap saja tergantung dari para pengguna jalan itu sendiri, sehingga sudah menjadi kewajiban untuk kita menaati rambu yang ada,” ungkap Amin Firdaus.

Setelah berkeliling di taman rambu-rambu lalu lintas, murid biMBA menuju gedung serba guna untuk melihat pertunjukan badut dari polantas yang sangat lucu dan menarik. Kemudian, murid biMBA diberi kertas dengan gambar mobil polisi untuk mengikuti lomba mewarnai. Hingga akhir lomba, pak polisi mengumumkan pemenang lomba mewarnai dan menghadiahi murid biMBA helm.

Mitra biMBA-AIUEO cabang Gunung Antasari, M. Radiansyah yang kala itu mendampingi murid biMBA menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini, yakni agar murid biMBA dapat mengetahui dan memahami pentingnya mengenal rambu rambu lalu lintas sejak usia dini, sehingga kelak dewasa mereka dapat dengan baik menerapkan di kehidupan sehari-hari. (Ern)

 

Sudah tidak sabar mau ke taman lalu lintas.
Sudah tidak sabar mau ke taman lalu lintas.
Baris yang rapi ya... Kita siap berkeliling.
Baris yang rapi ya… Kita siap berkeliling.
Ayo bu guru, kita sudah baris rapi nih.
Ayo bu guru, kita sudah baris rapi nih.
Murid biMBA mendengar arahan ibu polwan sebelum lomba mewarnai.
Murid biMBA mendengar arahan ibu polwan sebelum lomba mewarnai.
Keseruan saat lomba mewarnai.
Keseruan saat lomba mewarnai.
Foto bersama keluarga besar biMBA Gunung Antasari, Kalimantan Selatan.
Foto bersama keluarga besar biMBA Gunung Antasari, Kalimantan Selatan.

 

 

Tinggalkan Balasan