Bagaimana Menjadi Guru PAUD yang Efektif dan Baik

Bagaimana Menjadi Guru PAUD yang Efektif dan Baik

Bagaimana menjadi guru PAUD yang efektif dan baik?

Memutuskan untuk berkarir menjadi seorang guru atau pendidik bagi anak usia dini adalah pilihan yang mulia. Hal terpenting yang dibutuhkan adalah rasa cinta dan sayang terhadap dunianya anak-anak. Bekerja di lingkungan yang berhubungan dengan anak-anak membutuhkan kesabaran, kelembutan, dan dedikasi tinggi. Mengikuti keinginan anak-anak bukanlah hal yang mudah. Pekerjaan ini cukup melelahkan, tetapi bila kita berhasil mencapai tantangan ini, kita akan mendapatkan kepuasan batin dan penghargaan yang luar biasa.

Untuk mencapai keberhasilan menjadi seorang pendidik anak usia dini yang efektif, ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki, antara lain sebagai berikut:

1. Antusiasme

Menurut Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak, karakteristik yang paling penting bagi pendidik perkembangan anak usia dini adalah antusiasme terhadap dunia anak. Pendidik harus memiliki semangat tinggi untuk memberikan dorongan bagi setiap anak untuk belajar dan mampu mengatasi rintangan apapun yang kemungkinan dihadapi oleh mereka.

2. Sabar dan humoris

Bekerja dengan anak-anak sepanjang hari tentunya membutuhkan kesabaran. Apalagi bila kita dihadapi dengan tingkah laku mereka yang ribut, memiliki rentang perhatian yang pendek, dan sulit mengontrol diri. Setelah lelah kerja seharian menghadapi tantangan tersebut, keesokan harinya pendidik harus berhadapan lagi dengan anak-anak dan kembali menghadapi tantangan yang sama atau bahkan yang baru. Oleh karena itu, pendidik juga harus memiliki sikap humoris agar tidak mudah tegang. Sikap humoris juga dapat membantu agar pendidik lebih tenang dalam menghadapi anak-anak sehingga bisa tetap fokus pada tujuan akhir.

3. Kemampuan komunikasi

Pendidik sebaiknya perlu mempelajari keterampilan bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dengan anak. Kemudian pendidik juga harus mampu berkomunikasi dengan orangtua anak tentang hal-hal yang dibutuhkannya, prestasi mereka, hingga berbagai masalah yang dihadapi oleh anak. Dengan adanya komunikasi kedua belah pihak maka dapat membantu tumbuh kembang anak lebih baik lagi. Setiap hari, pendidik juga harus berkomunikasi dengan pendidik lainnya, administrator hingga kepala sekolah. Semakin efektif guru dapat berkomunikasi dengan semua pihak yang terlibat, baik secara lisan maupun tulisan, maka pekerjaan akan dirasa lebih bermanfaat dan positif.

4. Menghargai perbedaan

Setiap anak datang ke sekolah dengan kepribadian yang unik dan gaya belajarnya masing-masing. Untuk mencapai proses mengajar yang efektif, guru/pendidik harus menghormati perbedaan-perbedaan ini. Sebaiknya guru/pendidik juga harus mampu mengajar dengan gaya masing-masing anak daripada mencoba untuk memaksa anak beradaptasi dengan gaya belajar lainnya. Apalagi dalam era globalisasi saat ini, pendidik juga harus siap untuk kelas multikultural dengan banyak etnis, budaya, dan tradisi. Sebuah kelas yang baik hendaknya dapat mentoleransi adanya perbedaan ini dan guru/pendidik mampu menciptakan suasana belajar yang terbuka dan menarik.

5. Kreatif, Adaptif dan Fleksibel

Dalam membuat perencanaan pelajaran bagi anak, pendidik membutuhkan pemikiran kreatif dan adaptif. Kreatif maksudnya bahwa pendidik harus mampu mengkreasikan sesuatu hal diluar dari kebiasaan pada umumnya. Sedangkan adaptif disini maksudnya bahwa pendidik harus mampu masuk kedalam dunianya anak-anak dan menyesuaikan diri dengan hal-hal yang disukai oleh anak. Dengan demikian pendidik harus membuat beberapa strategi bagaimana cara memotivasi anak, hal-hal apa yang menjadi daya tarik mereka, dan bagaimana menciptakan suatu proses pembelajaran yang menyenangkan. Namun di satu sisi, pendidik juga harus fleksibel. Maksudnya bahwa walaupun perencanaan pengajaran sudah dibuat sematang mungkin, namun prakteknya di kelas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Ini semua tergantung dengan situasi dan kondisi yang terjadi pada anak. Oleh karena itu, pendidik harus mampu merubah rencana dan ide-ide baik lainnya yang diperlukan pada saat itu. (Bunda Ranis)

Sumber :

https://www.naeyc.org/files/yc/file/200803/BTJ_Colker.pdf

http://classroom.synonym.com/qualities-successful-preschool-teacher-2471.html

http://work.chron.com/qualities-good-teacher-early-childhood-development-8694.html

Tinggalkan Balasan