Belajar Bermain Angklung dan Menari Tradisional

Belajar Bermain Angklung dan Menari Tradisional

Tangerang – Bermain angklung adalah kegiatan yang asing bagi murid biMBA Poris Indah. Meskipun begitu, mereka tetap mencoba untuk memainkannya. Dipandu oleh mamang dan teteh yang ada di lokasi kegiatan, anak-anak berhasil memainkannya sesuai dengan irama. Kala itu, mereka bermain angklung dengan lagu burung kakak tua. Kegiatan ini termasuk dalam salah satu kegiatan Family Gathering yang diadakan biMBA Poris Indah di Cinangneng, Bogor.

Baca: Gebyar biMBA Sambil Mengenalkan Busana Adat

Setelah bermain angklung, masih banyak kegiatan lainnya yang dipelajari murid biMBA. Salah satunya adalah menari tradisional adat Jawa Barat. Sebelum menari mereka memakai baju adat khas sunda beserta selendang sebagai atribut tarian. Musik dinyalakan dan mereka mengikuti gerakan pembimbing dengan gemulai, hingga beberapa menit kemudian mereka sudah lincah menarikannya sebab diulang berkali-kali.

Kegiatan dilanjutkan dengan bermain musik gamelan, membuat makanan dan minuman tradisional, melukis topi caping dan yang paling ditunggu-tunggu tentu saja menanam padi dan memandikan kerbau. Mereka tidak takut kotor dan tanpa ragu masuk ke dalam kolam penuh lumpur, layaknya petani kecil mereka mulai menanam padi sedikit demi sedikit. Semuanya bersenang-senang dan antusias sekali mengikuti kegiatan.

Baca: Murid biMBA Belajar Menanam Padi

Kepala unit biMBA Poris Indah, Titin Sumarni mengatakan, “Anak-anak senang, orangtua juga senang. Ini adalah kegiatan yang tidak akan terlupakan oleh anak-anak. Sebab, di sana diajarkan untuk lebih mencintai alam dan mendapat pengetahuan yang banyak mengenai tarian, makanan, dan minuman tradisional. Semoga Minat anak untuk belajar semakin tumbuh dengan diadakannya family gathering ini.” (Ern)

Belajar menari tradisional adat Jawa Barat
Belajar menari tradisional adat Jawa Barat
Bermain musik gamelan
Bermain musik gamelan
Melukis topi caping
Melukis topi caping
Menanam padi
Menanam padi
Memandikan kerbau
Memandikan kerbau
Foto bersama
Foto bersama

Tinggalkan Balasan