Belajar Bisa Membaca atau Gemar Membaca?

Belajar Bisa Membaca atau Gemar Membaca?

Ketika keaksaraan pada anak mulai muncul, kita sebagai orang tua pasti akan menangkap hal tersebut sebagai peluang belajar membaca bagi anak. Berbagai cara-pun ditempuh untuk menstimulasi anak menuju satu tujuan ”bisa membaca”. Apalagi saat ini masih banyak SD unggulan yang mensyaratkan kemampuan membaca bagi para calon siswa. Memasukkan anak ke tempat les mambaca menjadi salah satu alternatif yang oleh sebagian orang tua, dianggap dapat mengatasi permasalahan membaca tersebut.

Namun, sebenarnya ada target lain yang menurut saya lebih penting dari sekedar ”bisa membaca” yang terkadang dilupakan oleh sebagian orang tua…yaitu ”suka membaca”.

Lebih penting mana antara bisa membaca dan suka membaca?

Baca juga

Sebagai gambaran, ada anak yang bisa membaca, namun dia tidak suka/tidak tertarik membaca…ada yang penginnya baca buku terus meski dia belum bisa membaca, dia akan minta bantuan seseorang untuk membacakan apa yang ingin diketahuinya dari sebuah buku/apa saja yang mengandung unsur tulisan….

Ya, memang harapan hampir semua orangtua adalah anak bisa membaca dan suka membaca…namun jika ternyata anak tak kunjung bisa membaca, jangan khawatir…dengan terus menstimulasi, insya Allah suatu saat nanti anak akan bisa membaca. Memang ini bukan sesuatu yang menyenangkan selama bisa membaca masih menjadi syarat masuk SD. Namun, bukan berarti kita sebagai orang tua berhak ’memaksa’ anak untuk belajar membaca, sehingga anak menjadi trauma apabila mendengar membaca dan efeknya bisa jadi anak jadi malas membaca. upayakan cara stimulasi yang menyenangkan buat anak, dengan terus menanamkan budaya gemar membaca sejak dini…menurut saya hal ini jauh lebih penting untuk kelanjutan proses belajar anak di kemudian hari.

Saya menulis apa yang menjadi keyakinan kami dalam memunculkan keaksaraan pada anak, kami masih terus belajar mencari dan terus mencari stimulasi seperti apa yang tepat untuk mendukung kegiatan belajar membaca pada anak-anak kami, namun apapun ’pandangan’ para orang tua lain, saya yakin pasti semua menginginkan apa yang terbaik buat anak kita….

Ditulis dalam Anak-anak, Umum

http://yudhistira31.wordpress.com/2008/05/27/belajar-bisa-membaca-atau-gemar-membaca/

Tinggalkan Balasan