Berapakah Usia Ideal Anak Masuk Sekolah Dasar?

Usia Ideal Anak Masuk Sekolah Dasar
Sumber: Antara/Resno Esnir

Setiap orang tua pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya. Namun, tanpa disadari Ayah Bunda sering melakukan kesalahan yang membuat anak tidak nyaman untuk bersekolah. Misalnya, Ayah Bunda mendaftarkan anak ke sekolah tanpa melihat apakah usia anak sudah mampu untuk mengenal lingkungan sekolah atau belum. 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Sekolah Dasar atau yang biasa disingkat dengan SD adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar. Di Sekolah Dasar, anak akan mendapatkan pendidikan ilmu dasar selama 6 tahun sebelum masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

Adapun syarat masuk SD menurut Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 yaitu usia anak 7 sampai dengan 12 tahun, paling rendah berusia 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, sekolah wajib menerima siswa yang berusia 7-12 tahun, diperbolehkan masuk SD pada usia minimal 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan bila anak memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional, dan jika tidak ada rekomendasi dari psikolog, bisa diperoleh melalui dewan guru sekolah.

Pada dasarnya usia 7 tahun dinilai sebagai usia anak siap untuk menerima pendidikan di SD. Usia ini dianggap sebagai usia ideal anak masuk SD karena di usia ini kondisi mental dan emosi anak sudah stabil. Jika kondisi mental dan emosi anak stabil, maka anak akan lebih mudah menerima proses pembelajaran di SD.

Baca juga

Ketika akan mendaftarkan anak ke sekolah, tentu saja Ayah Bunda harus melihat kondisi kesiapan anak. Jika anak tidak siap masuk sekolah maka proses pembelajaran tidak akan memberikan hasil yang optimal. Lain halnya jika anak sudah siap baik secara fisik maupun mental, maka proses pembelajaran akan bisa berjalan dengan optimal.

Lalu, mengapa usia 7 tahun merupakan usia ideal bagi anak untuk masuk SD? Yuk kita simak alasannya.

1. Siap Secara Psikologis

Secara psikologis, anak dengan usia 7 tahun jauh lebih siap menerima proses pembelajaran. Di usia 7 tahun anak sudah dapat membedakan mana hal baik dan mana hal buruk. Namun, kita sebagai orang tua tetap harus mendampingi anak agar psikologisnya dapat berkembang dengan baik.

2. Rentang Konsentrasi Lebih Tinggi

Rentang konsentrasi anak usia 7 tahun lebih tinggi sehingga bisa lebih fokus dalam belajar. Anak juga sudah dapat duduk lebih dari 1 jam untuk mendengarkan materi pembelajaran dari gurunya selama berada di dalam kelas. Jika anak fokus, maka anak akan mudah menerima pelajaran. Sehingga akan berdampak pada kemampuannya.

3. Menjadi Lebih Mandiri

Di usia 7 tahun anak memiliki kemandirian dan kematangan berpikir. Anak sudah bisa mengikuti instruksi dari gurunya dan akan jauh lebih siap untuk menerima pelajaran di sekolah. Saat duduk di Sekolah Dasar, anak juga akan berlatih untuk disiplin, sehingga proses pembelajaran akan semakin teratur dan menyenangkan.

Selain tiga hal di atas, Ayah Bunda juga harus membimbing anak di setiap jenjang pendidikan yang dijalani oleh anak semaksimal mungkin dan proses belajarnya menyenangkan tanpa paksaan. Hal ini penting dilakukan agar anak bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalani pendidikan ke jenjang selanjutnya. (Aps/NH/TC)

 

Tinggalkan Balasan