biMBA-AIUEO Ikuti Gemilang Perpusnas 2018

biMBA-AIUEO Ikuti Gemilang Perpusnas 2018

Jakarta – biMBA-AIUEO sebagai pegiat literasi sekaligus anggota dari GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) menghadiri Gemilang Perpustakaan Nasional 2018. Kegiatan ini melibatkan para pejuang literasi dan diikuti 1600 tamu undangan di seluruh nusantara demi mengobarkan semangat kegemaran membaca. Acara yang berlangsung pada Kamis, 6 September 2018, di ICC, Kemayoran, Jakarta Pusat, dibuka oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, bersama dengan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab.

Dalam sambutannya, Muhammad Syarif Bando mengatakan bahwa dalam beberapa tahun ini antusiasme masyarakat dalam menumbuhkan kegemaran membaca mulai tumbuh dan berkembang dengan baik. Saat ini, ada 154 ribu perpustakaan di Indonesia, tetapi jumlah ini dinilai tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. “Indonesia merupakan negara kedua dengan infrastruktur perpustakaan terbanyak setelah India. Tentu saja masih banyak hal yang harus kita lakukan ke depan untuk bisa berjalan seimbang dan sejajar dengan bangsa lain,” tutur Syarif.

Selain itu, Najwa Shihab juga menegaskan dampak dari meningkatnya literasi tidak langsung tampak, sebab perjuangan literasi merupakan usaha jangka panjang. Namun, ia percaya dengan sepenuh hati dampaknya akan terlihat di kemudian hari. Pengembangan perpustakaan adalah sumber daya manusia, perpustakaan merupakan tempat untuk menghidupkan sisi kemanusiaan setiap pribadi.

“Perpustakaan bukan hanya tentang buku dan buku melulu, melainkan juga segala bentuk ekspresi terbaik kemanusiaan kita, mulai dari seni rupa, seni pertunjukan, film, musik, bahkan teknologi. Perpustakaan adalah ruang publik yang terbuka bagi berbagai kalangan, berbagai status, strata pendidikan, dan status sosial. Saya membayangkan perpustakaan menjadi tempat bagi siapa pun untuk bertemu, berkumpul, berdiskusi, berinteraksi, bercakap-cakap, berbicara urusan kekeluargaan,” ujarnya. (Ern)

Suasana acara Gemilang Perpustakaan Nasional 201
Suasana acara Gemilang Perpustakaan Nasional 2018
Sambutan Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpusnas
Sambutan Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpusnas

 

 

Tinggalkan Balasan