biMBA AIUEO Terapkan Metode Distance Learning

biMBA AIUEO Terapkan Metode Distance Learning
Sumber: Freepik.com/tirachardz

Beberapa bulan terakhir, semua negara sedang dihebohkan oleh adanya pandemi Covid-19, tak terkecuali Negara Indonesia. Sehingga adanya imbauan pemerintah, agar semua aktivitas dilakukan dari rumah, baik dunia kerja maupun pendidikan. Oleh karena itu, biMBA AIUEO menerapkan metode distance learning. 

Apa itu metode distance learning? Metode distance learning merupakan sebuah metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam situasi ini, biMBA AIUEO menerapkan distance learning karena ingin semua murid biMBA AIUEO tetap mendapatkan bimbingan dari motivator biMBA ketika berada di rumah.

Nah, proses pembelajaran jarak jauh ini, bagi peserta didik yang duduk di bangku SD, SMP, dan SMA bisa lebih mudah untuk diarahkan dan hampir tidak ada kesulitan. Lalu, bagaimana cara menerapkan Metode distance learning ini untuk anak usia dini, khususnya murid biMBA AIUEO? 

Bagi Ayah Bunda yang baru mendengar istilah ini, tidak perlu khawatir, karena caranya sangat mudah. Karena distance learning dilakukan secara online, yang perlu Ayah Bunda siapkan adalah perangkat sederhana berupa hp, laptop, atau tablet dan jaringan internet bisa terhubung ke aplikasi video call. biMBA mengarahkan motivator dan orang tua murid menggunakan aplikasi Google Duo karena aplikasi ini dapat terhubung hingga 7 partisipan dalam waktu yang bersamaan.

Proses bimbingan menggunakan pendekatan distance learning ini, tidak jauh berbeda dengan proses bimbingan di kelas biMBA AIUEO. Motivator tetap menerapkan metode biMBA yaitu fun learning (sepenuhnya menyenangkan), small step system (bertahap), dan individual system (individual) selama membimbing Minat baca dan Minat belajar anak. Jadi anak-anak akan tetap merasa senang dengan kegiatan bermain sambil belajarnya.

Baca juga

Lalu, apa peran Ayah Bunda selama proses distance learning ini? Selain berperan dalam menyiapkan fasilitas, Ayah Bunda dapat mendampingi anak saat proses bimbingan bermain sambil belajar bersama motivator biMBA AIUEO.

Tapi, bagaimana jika Ayah Bunda punya kegiatan lain, sehingga tidak dapat menemani anak selama proses bimbingan via online ini? Tentu tidak apa-apa, Ayah Bunda cukup membantu sampai motivator biMBA terhubung dengan anak dan mengarahkan kamera ke anak.

Selain mendapat bimbingan via online dari motivator biMBA AIUEO, Ayah Bunda juga dapat menemani buah hati untuk bermain huruf, bermain kata, bermain angka, dan bermain menarik garis menggunakan modul PMR (permainan rumah) yang sudah diberikan oleh motivator biMBA AIUEO. PMR yang diberikan sudah disesuaikan dengan kemampuan anak. Agar anak tidak kesulitan dalam memainkan modul PMR tersebut.

Saat mendampingi anak mengerjakan PMR, Ayah Bunda tidak boleh marah atau memaksa anak. Jika anak terlihat lelah, tidak mood, atau bosan, Ayah Bunda bisa meminta anak untuk beristirahat atau memberikan permainan lain yang anak sukai. Pastikan Ayah Bunda menikmati waktu bersama anak di rumah. Karena tujuan utama dari pendidikan adalah kebahagiaan.

Pendidikan bukan hanya diberikan oleh guru di sekolah, tetapi pendidikan dapat diberikan oleh orang tua di rumah. Oleh karena itu, orang dewasa berkewajiban untuk belajar agar dapat memberikan pendidikan kepada anak. Memberikan pendidikan dengan cara membimbing Minat belajar anak dengan metode yang sepenuhnya menyenangkan (fun learning).

Membimbing Minat belajar anak dapat dilakukan di mana pun, kapan pun dan dalam kondisi apapun. Distance learning yang sudah dilakukan biMBA AIUEO sejak 1 April kemarin bertujuan agar motivator biMBA AIUEO tetap dapat membimbing Minat baca dan Minat belajar anak dari rumah selama pandemi Covid-19 ini. Diharapkan Ayah Bunda ikut mendukung sang anak untuk menumbuhkan Minat belajarnya di rumah. (Crn)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.