Cara Mendidik Anak yang Baik

Cara Mendidik Anak yang baik

Mendidik anak usia dini tidak semudah yang kita kira, butuh perhatian, kasih sayang serta kesabaran. Sejak kecil anak sudah memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang tidak mudah diatur, ada yang penurut, suka membantah bahkan terang-terangan melawan orang tuanya.

Ayah bunda sebagai orang tua kita harus pandai mendidik anak sejak kecil. Ketika anak mulai dewasa watak aslinya sudah terbentuk, anak kecil ibarat kaset kosong, ia akan melakukan apa yang dilihat dan didengarnya sehingga akan terekam dengan sendirinya di dalam kaset tersebut.

Baca juga

Apabila kita mengajarkan berperilaku yang baik, maka anak akan tumbuh dengan sikap yang baik. Namun, apabila orangtua mencontohkan hal yang buruk kepada anak, maka sudah pasti anak akan mengikuti orang tua. Anak-anak belajar dari meniru. Seringkali orang tua tidak menyadarinya bahwa tingkah laku mereka ditiru anak-anaknya.

Nah, mulai sekarang kita harus memiliki kemauan untuk terus belajar mendidik anak dengan cara memperbaiki diri kita sendiri terlebih dahulu, orang tua yang baik berarti siap menjadi contoh perilaku yang positif bukan sebaliknya. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)

 

Tinggalkan Balasan