Cara Menumbuhkan Minat Belajar Anak

Cara Menumbuhkan Minat Belajar Anak
Sumber: Pexels.com/Artem Beliaikin

Apa yang muncul di benak Ayah Bunda ketika mendengar kata Minat? Menurut KBBI, minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, atau keinginan. Jadi minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu hal diluar dirinya.

Menurut Sumadi Suryabrata (2002:68), definisi Minat adalah “suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh”. Wah, bagaimana ya jika anak memiliki rasa suka dan tertarik dengan belajar? Pasti hal ini dapat membuat ayah bunda merasa senang.

Selama ini kebanyakan orang tua lebih fokus memikirkan bagaimana cara meningkatkan kemampuan anak untuk bisa membaca, berhitung, dan menulis. Tetapi tidak memikirkan pondasi utamanya, yaitu bagaimana cara menumbuhkan Minat belajar anak.

Baca juga

Apakah Ayah Bunda termasuk orang tua yang selalu memaksa anak untuk belajar? Setelah mengetahui definisi Minat, Ayah Bunda bisa lebih memahami, jika Minat belajar anak ditumbuhkan, tidak ada anak yang malas belajar, bahkan anak akan mau belajar atas keinginannya sendiri tanpa ada paksaan dari ayah bunda.

Lalu, lembaga apa yang berorientasi pada proses bimbingan minat belajar? Jawabannya adalah biMBA-AIUEO. biMBA-AIUEO didirikan tahun 1998, berada di bawah naungan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI) dan merupakan satu-satunya lembaga pendidikan anak usia dini di jalur informal.

Kata biMBA itu sendiri adalah singkatan dari bimbingan Minat baca dan belajar anak. biMBA-AIUEO bukan tempat les baca, tulis, atau matematika, tetapi tempat membimbing Minat belajar. Ketika anak sudah tumbuh Minat belajarnya, maka kemampuan membaca, berhitung, dan menulis akan meningkat dengan pesat.

Lalu, bagaimana cara Ayah Bunda menumbuhkan Minat belajar anak di rumah? Satu hal yang selalu Ayah Bunda lakukan adalah dengan cara tidak memaksa anak untuk belajar, tetapi membimbing anak dengan penuh cinta kasih. Sebab, jika anak dipaksa belajar akan berdampak anak tidak suka belajar. (CRN)

Tinggalkan Balasan