Ciptakan Waktu Berkualitas Meski Hanya di Rumah

Ciptakan Waktu Berkualitas Meski Hanya di Rumah
Sumber: Freepik

Rumahmu adalah surgamu, mungkin Ayah Bunda sering mendengar pepatah tersebut. Ya, rumah adalah tempat awal seseorang mendapatkan pengalaman yaitu tempat pertama anak belajar tentang dirinya, orang lain, dan kehidupan. Oleh karena itu, pengarahan mengenai tumbuh kembang seorang anak sebaiknya dilakukan secara intensif agar sesuai dengan harapan orang tua. Hanya anak-anak yang tinggal di rumah dengan suasana menyenangkan yang akan menjadi anak berkarakter pembelajar dan yakinlah semua orang tua bisa mewujudkannya.

Pendidikan keluarga merupakan pilar pokok pembangunan karakter seorang anak dalam membentuk karakter serta moral anak. Keluarga tidak hanya sebagai wadah tempat berkumpulnya Ayah, Bunda, dan anak. Sebuah keluarga sesungguhnya lebih dari itu karena merupakan tempat ternyaman bagi anak.

Anak-anak mengikuti orang tua dan berbagai kebiasaan serta perilaku. Keluarga bertanggung jawab mendidik anak-anak dalam membentuk kriteria yang benar dan jauh dari penyimpangan. Lalu, bagaimana caranya agar anak-anak merasa nyaman dan senang berada di rumah?

Banyak cara yang dapat dilakukan bersama anak, baik itu di rumah maupun di luar rumah. Namun yang diinginkan, bagaimana kegiatan bersama itu akan meningkatkan kualitas kebersamaan keluarga. Terciptanya hubungan yang harmonis antara anak dan orang tua memerlukan waktu yang memungkinkan mereka berkumpul secara fisik.

Namun, mengingat kondisi dan aktivitas sekarang ini, orang tua tidak perlu memaksakan masalah kuantitas. Selaku orang tua, Ayah Bunda harus konsisten meluangkan sedikit waktu bersama anak.

Baca juga

Dalam hal ini yang penting bukan hanya lamanya waktu, melainkan kualitas pertemuan itu sendiri. Ketika bersama mereka, jauhkan gangguan dan konsentrasikan perhatian kita kepada mereka, seperti penggunaan gadget, tidak mengerjakan pekerjaan kantor di rumah atau sibuk menonton tv. Dengan demikian akan terjalin hubungan batin yang lebih kuat antara orang tua dan anak.

Adapun cara untuk menciptakan waktu yang berkualitas bersama anak, di antaranya:

  1. Ayah Bunda dapat mengetahui kesukaan anak maupun yang tidak disukainya, karena hal ini akan terus berubah seiring pertumbuhan usianya mulai dari bayi
  2. Libatkan seluruh anggota keluarga dalam setiap kegiatan bersama anak
  3. Jangan lupa ya Ayah Bunda untuk sisihkan waktu untuk bermain bersama anak setiap harinya minimal 10 menit di pagi hari  sebelum berangkat beraktivitas dan luangkan lebih banyak waktu di malam hari
  4. Perlu ayah bunda tahu bahwa anak-anak seringkali bosan, variasikan permainan sesuai usia anak atau buat agenda harian yang memuat kegiatan bermain bersama anak
  5. Ciptakan kreasi bersama, misalkan membuat kue atau prakarya lalu hasilnya difoto dan ditempel di album keluarga
  6. Buatlah waktu wajib keluarga, misalkan setiap sebulan sekali merapikan rumah atau seminggu sekali mendongeng bergiliran.

Anak belajar berperilaku dari orang tua mereka. Meski manusia tak luput dari kesalahan, tapi usahakan tampilkan sikap terbaik di depan anak-anak.

Jika ada masalah sekecil apapun itu, selesaikan dan jangan sampai orang tua berselisih di depan anak. Apabila orang tua menunjukkan perilaku yang harmonis dan saling menghargai, secara otomatis akan tertanam perilaku yang baik pula dalam diri anak-anak.

Dengan pedoman tersebut, anak-anak akan tumbuh mandiri dan berkembang dengan baik baik di rumah maupun di lingkungan luar rumah, sekalipun orang tua tidak selalu berada di dekat mereka. Yuk, kita ciptakan rumah sebagai tempat yang paling menyenangkan untuk anak. Salam biMBA! (NH)

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.