Hapus Buta Aksara Melalui Pojok Baca

Hapus Buta Aksara Melalui Pojok Baca

Subang – Dalam rangka memasyarakatkan Minat Baca, berbagai institusi maupun instansi turut berpartisipasi ambil bagian membangun berbagai fasilitas bacaan di berbagai tempat. Pada Senin, 16 Desember 2019 diadakan peresmian fasilitas Pojok Baca Bank Indonesia atau BI Corner di gedung Perpustakaan Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pojok Baca ini dimaksudkan untuk menghapus buta aksara masyarakat Subang.

BI Corner tersebut diresmikan oleh istri Bupati Subang sekaligus sebagai Bunda Literasi, yaitu Hj. Yoyo Ruhimat. Acara ini dihadiri oleh masyarakat dan pejabat setempat. Pejabat yang hadir antara lain Sekretaris Daerah Subang, Dinas Pendidikan, Camat, Kepala Desa, serta perwakilan Bank Indonesia dari Bank BJB Bambang Suprapto.

Sedangkan perwakilan pelajar yang hadir di antaranya dari Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja Subang, beberapa Siswa SMP, dan SMA Kabupaten Subang. Sementara itu, hadir juga komunitas literasi Kabupaten Subang yang diwakili oleh biMBA-AIUEO dan Komunitas Kampung Dongeng.

Baca juga

Bunda literasi dalam sambutannya menyampaikan beberapa tujuan dan harapan atas peresmian fasilitas Pojok Baca ini. “Diharapkan dengan peresmian BI Corner ini akan mengentaskan kebutaaksaraan masyarakat hingga meningkatkan kegemaran membaca buku sebagaimana salah satu misi Bupati Subang adalah pencapaian misi, yaitu mencerdaskan masyarakat melalui literasi,” ungkapnya.

Pelaksana tugas Kepala Perpustakaan Daerah dan Kearsipan (Kadisarpus) Subang, Indra Subhan, mengatakan bahwa BI Corner ini dibuat dengan berbasis ruang baca keluarga yang nyaman. Total buku yang terhitung kurang lebih mencapai 38.000 buku. Disediakan juga komputer dan internet untuk mengakses buku-buku elektronik di era digital ini.

Program lainnya yang sedang berjalan adalah meningkatkan perpustakaan mobil keliling, dari 50 unit menjadi 70 unit. Rencana ke depannya juga akan dibuat BI Corner lainnya sebagai pojok literasi, seperti di taman-taman kota, pasar, dan di berbagai fasilitas umum yang lain.

Dalam kesempatan tersebut Imam Sutrisno yang mewakili biMBA-AIUEO sekaligus sebagai Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) menyampaikan kepada Bunda Literasi dan Plt. Kadisarpus untuk segera membentuk pengurus GPMB sebagai perwakilan wilayah Kabupaten Subang untuk membantu memajukan Literasi di Kabupaten Subang yang nantinya akan berkoordinasi dengan Pengurus Daerah GPMB Provinsi Jawa Barat. (Goz/IS)

 

Direktur Pengembangan YPAI, Imam Sutrisno (ketiga dari kiri) serta perwakilan biMBA-AIUEO berfoto bersama Bunda Literasi, Hj. Yoyo Ruhimat, di sela-sela acara.
Direktur Pengembangan YPAI, Imam Sutrisno (ketiga dari kiri) serta perwakilan biMBA-AIUEO berfoto bersama Bunda Literasi, Hj. Yoyo Ruhimat, di sela-sela acara.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.