Hari Penyu Sedunia: Mengenalkan Penyu dan Pentingnya Merawat Kehidupan Laut bagi Anak

Hari Penyu Sedunia
Sumber: Freepik.com/author/wirestock

Hari Penyu Sedunia atau disebut World Sea Turtle Day dirayakan setiap tahun pada tanggal 16 Juni untuk meningkatkan kesadaran tentang nasib penyu. Mengutip dari situs National Today, tanggal 16 Juni dipilih karena bertepatan dengan tanggal ulang tahun Dr. Archie Carr, yang dikenal sebagai “bapak biologi penyu”. Dr. Carr terkenal karena mengabdikan seluruh karirnya untuk penelitian dan konservasi penyu. Melansir situs All World Day, Hari Penyu Sedunia diperingati untuk pertama kali pada tahun 2000 lalu. Peringatan ini diprakarsai oleh organisasi American Tortoise Rescue (ATR) yang didirikan oleh Susan Tellem dan Marshall Thompson.

Hal ini menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan perlindungan dan pelestarian penyu serta ekosistem laut secara keseluruhan. Namun, terlepas dari pentingnya pelestarian penyu, masih banyak anak-anak yang belum paham betapa pentingnya merawat kehidupan laut. Oleh karena itu, peran orang tua dan pendidik sangatlah penting dalam mengenalkan penyu dan memahami pentingnya menjaga keberlangsungan ekosistem laut bagi anak-anak.

Baca juga

Mengenalkan Penyu kepada Anak-anak

Penting bagi anak-anak untuk mempelajari tentang penyu dan peran mereka dalam ekosistem laut. Orang tua dan guru dapat memperkenalkan penyu kepada anak-anak melalui berbagai cara yang menarik dan informatif. Misalnya, dengan membacakan cerita tentang petualangan penyu, menonton film dokumenter tentang kehidupan penyu, atau mengunjungi tempat konservasi penyu. Dengan cara ini, anak-anak bisa mengembangkan rasa kepedulian terhadap makhluk laut yang unik ini.

Pentingnya Merawat Kehidupan Laut

Merawat kehidupan laut, termasuk pelestarian penyu, merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan ekosistem laut. Penyu, sebagai hewan purba, memiliki peran yang signifikan dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Mereka membantu dalam menyebarkan benih laut, mengendalikan populasi hewan laut lainnya, dan menjaga keseimbangan ekosistem karang. Jika anak-anak memahami pentingnya peran penyu dan ekosistem laut, mereka akan lebih sadar akan dampak dari tindakan manusia terhadap lingkungan.

Peran Orang Tua dan Pendidik

Orang tua dan pendidik memiliki peran penting dalam membantu anak-anak memahami betapa pentingnya pelestarian penyu dan ekosistem laut. Mereka perlu memberikan contoh positif dalam praktik-praktik ramah lingkungan sehari-hari.  Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik, karena Penyu sering salah mengira sampah plastik sebagai makanan, yang menyebabkan masalah kesehatan yang parah atau kematian. Kurangi jejak plastik dengan menggunakan tas, botol, dan peralatan yang dapat digunakan kembali. Pilih alternatif ramah lingkungan bila memungkinkan. (LPH)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.