Ini Dampak Jika Orang Tua Sibuk Main HP

Dampak Jika Orang Tua Sibuk Main HP
Sumber: Freepik

Di zaman sekarang ini perkembangan teknologi dan informasi memang sangat pesat. Apalagi dengan munculnya jaringan internet yang mempermudah segala aktivitas kehidupan menjadi serba online, mulai dari belanja, belajar, dan berkomunikasi. Salah satu alat informasi yang semakin canggih saat ini yaitu HP (Handphone). Tidak hanya orang dewasa, namun anak-anak zaman sekarang pun sudah tidak asing dengan alat tersebut.

Seiring perkembangan zaman, saat ini HP sudah bisa dianggap sebagai kebutuhan pokok, akibatnya banyak orang menjadi terlena dan kecanduan terhadap HP. Contohnya banyak di antara kita para orang tua yang lebih memilih menghabiskan waktu bersama HP dibandingkan sekadar menemani anak bermain, belajar, atau melakukan berbagai hal yang bermanfaat lainnya.

Baca juga

Kita sebagai orang tua pasti menginginkan agar anak-anak kita memiliki Minat Baca dan Minat Belajar. Akan tetapi, seringkali terlupa bahwa kita sebagai orang tua merupakan teladan bagi anak-anak. Sebagai orang tua kita harus bisa mengutamakan kegiatan atau hal yang bermanfaat dan menjauhkan diri dari hal yang dapat menimbulkan banyak kerugian. Jangan sampai kita menghabiskan banyak waktu dengan HP, tetapi anak yang begitu bermakna malah kita abaikan.

Ayah Bunda, berikut dampak jika HP menjadi hal utama di hidup kita:

  1. Radiasi HP membuat orang tua lebih mudah stress
  2. Memberi contoh buruk pada anak
  3. Quality time bersama keluarga berkurang
  4. Anak berperilaku negatif dan pasif karena kurang stimulasi
  5. Timbul kecemburuan anak terhadap HP
  6. Menghambat perkembangan sosial anak
  7. Anak merasa sedih, kesal, marah, dan kesepian

Ternyata dampak yang bisa terjadi sangat menyedihkan dan membahayakan ya Ayah Bunda. Mari mulai saat ini kita perbaiki bersama, tingkatkan tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk mendidik putra putri tercinta dengan cara terbaik yang bisa kita lakukan dan berikan. Jangan biarkan putra putri kita tumbuh dengan terjajah teknologi yang luar biasa canggihnya yaitu sampai terlena dan kecanduan HP akibat melihat dan meniru perilaku kita yang terlalu berlebihan dalam menggunakan HP.

Putra putri kita, para penerus bangsa harus tumbuh menjadi generasi pembelajar yang bermanfaat kelak bagi bangsa dan negara ini. Kelak di tangan anak-anak kitalah yang akan menjadi penerus serta pemimpin di masa yang akan datang. (Hana)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.