Intip Bagaimana Membuat Anak Betah di Rumah

Membuat Anak Betah di Rumah
Sumber: Freepik.com

Kondisi yang sedang terjadi saat ini, membuat masyarakat tidak diperbolehkan melakukan aktivitas atau kegiatan di luar rumah. Hal ini merupakan bentuk himbauan dari pemerintah yang harus dipatuhi, demi kebaikan bersama. Tentu saja semua kalangan masyarakat merasakan dampak dari pandemik ini, tidak terkecuali  juga dengan anak-anak. 

Mereka turut merasakan dan terkena dampak karena aktivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan. Tentu saja hal ini mengharuskan anak-anak untuk belajar di rumah masing-masing.

Hal itu juga telah diterapkan oleh biMBA AIUEO, di mana kegiatan belajar mengajar tetap diadakan namun dengan metode pembelajaran jarak jauh. Sebenarnya proses belajarnya tidak ada yang berbeda dari biasanya, hanya saja dilakukan secara online di rumah masing-masing.

Terlepas dari itu, masalah yang dihadapi anak tentunya bukan hanya mengganggu proses belajarnya saja. Pandemik ini membuat mereka tidak bisa beraktivitas dan bermain di luar rumah seperti biasanya. Alhasil, mereka banyak yang mengeluh bosan karena terus menerus belajar dan berada di dalam rumah.

Menghadapi hal ini, sebagai orang tua tentunya Ayah Bunda harus memutar otak untuk mencari solusi. Sebab saat anak sudah mulai merasa jenuh, pastinya ia akan rewel dan merengek-rengek meminta keluar.

Baca juga

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua agar dapat mengusir kebosanan dan membuat anak tetap betah berada di rumah. Yuk, intip tipsnya di bawah ini.

1. Selalu dampingi dan lakukan kegiatan bersama anak

Masalah yang sedang terjadi saat ini, sepertinya bisa dijadikan momen paling tepat untuk lebih dekat dengan keluarga. Mungkin Ayah Bunda sebelumnya memiliki rutinitas dan kesibukan yang membuat jarang sekali ada waktu bersama anak.

Terkadang hal semacam ini lah yang membuat hubungan anak dan orang tua menjadi sedikit kurang harmonis.  Adanya pandemik ini tentu saja menjadi kesempatan yang sangat bagus. Ayah Bunda bisa bermain dan menghabiskan waktu bersama anak di rumah.

 Kali ini, tentunya orang tua harus menjadi sosok yang selalu ada untuk mereka. Damping semua kegiatan yang dilakukannya, entah itu saat mereka sedang belajar atau pun bermain. Dengan adanya sosok orang tua disetiap hari-hari mereka, pasti anak tidak akan merasa jenuh dan bosan saat berada di rumah.

2. Buat jadwal kegiatan selama di rumah

Nah, cara ini bisa Ayah Bunda terapkan selama pandemik ini sedang berlangsung. Tujuannya agar anak tetap produktif walaupun berada di rumah. Pastikan anak memiliki kegiatan setiap harinya.

Anggap saja Ayah Bunda menjadi motivator bagi mereka. Buatlah kegiatan yang bisa mengembangkan potensi mereka. Sebagai contoh, jika anak sebelumnya memiliki kegiatan bermain bola di sekolahnya, buatlah jadwal untuk mereka bermain bola. Dengan demikian, anak akan betah berada di rumah.

3. Ajak anak untuk berolahraga

Ayah Bunda dapat menjaga kesehatan dengan berolahraga bersama anak. Ajak anak untuk berolahraga bersama di rumah. Tentu saja jika anak disuruh untuk olahraga sendirian, ia akan malas dan mungkin saja tidak mau.

Maka dari itu, Ayah Bunda harus ikut dan menjadi contoh bagi mereka. Beri tahu anak bahwa kesehatan itu sangatlah penting. Jika badan kita tidak sehat, penyakit akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh. 

Jangan lupa untuk berikan kepada mereka aktivitas olahraga yang menyenangkan. Seperti lari-lari kecil, bermain skipping, senam, dan sebagainya. Dengan begitu, anak akan dapat merasakan kesenangan dan tetap sehat. (Ajr)

 

Tinggalkan Balasan