KB Arroyyan Terapkan Metode biMBA

KB Arroyyan Terapkan Metode biMBA

Kelompok Bermain (KB) Arroyyan MTA Cabang Sawit di Desa Gombang Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Jawa Tengah menjalin kerjasama dengan biMBA-AIUEO. Melalui kerjasama tersebut, KB Arroyyan menerapkan metode biMBA dalam kegiatan pendidikan di sekolah tersebut. Sosialisasi tentang biMBA-AIUEO dan pentingnya memasyarakatkan minat baca dilaksanakan pada Sabtu 5 Mei 2018 di KB Arroyyan yang dihadiri para orangtua murid, pengurus pengajian MTA dan masyarakat sekitar.

Baca juga  :  Tingkatkan Minat Baca Anak Melalui Metode biMBA-AIUEO

Kegiatan tersebut sekaligus bertujuan mensukseskan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku). KB Arroyyan merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di bawah naungan Majelis Tafsir Al Quran (MTA) Cabang Sawit Boyolali. Koordinator biMBA-AIUEO Wilayah Sragen dan Solo Raya, Kenania Hartini, S.Sos pada kesempatan tersebut mengemukakan perbedaan biMBA dengan lembaga lain yang mengajari anak membaca.

“Sekarang ini ada banyak lembaga pendidikan yang mengajari anak membaca pada usia dini. Fokusnya pada hasil dengan targetnya kemampuan. Ini berbahaya karena kalau berfokus pada hasil bisa berdampak terjadinya pemaksaan. Sedangkan biMBA tidak mengajari anak membaca, melainkan membimbing untuk menumbuhkan minat baca dan belajarnya. Berfokus pada proses yaitu proses yang sepenuhnya menyenangkan, bertahap sesuai kemampuan anak dan menjadikan anak sebagai subjek belajar. Itulah perbedaannya,” papar Kenania.

Baca juga  :  biMBA-AIUEO Ikuti RAKORNAS dan Seminar GPMB

Dikatakan pula, atas nama Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI) yang menaungi biMBA-AIUEO menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang baik dengan MTA di wilayah Surakarta. Saat ini telah ada tujuh MTA yang telah menjalin kerjasama dalam penerapan metode biMBA. Yaitu MTA Gemolong Sragen, Kedawung Sragen, Semanggi Surakarta, Baki Sukoharjo, Nguter Sukoharjo, Trucuk Klaten dan Sawit Boyolali.

Kepala KB Arroyyan MTA Cabang Sawit, Dyah Puspitoningrum, SE mengatakan kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu menggugah kesadaran orangtua mengenai pentingnya membacakan buku untuk anak. Selain itu juga pentingnya menumbuhkan minat baca dan belajar anak sejak usia dini. “Untuk itulah tadi kami mengenalkan mitra kami dari biMBA-AIUEO karena misi biMBA selaras dengan tujuan kami menanamkan minat baca dan belajar anak usia dini. Kalau anak bisa baca itu biasa, tapi kalau anak punya minat baca itu baru luar biasa,” tandasnya. (Aks)

Kenania Hartini, Koordinator biMBA-AIUEO Wilayah Sragen dan Solo Raya
Kenania Hartini, Koordinator biMBA-AIUEO Wilayah Sragen dan Solo Raya
Sambutan Kepala KB Arroyyan
Sambutan Kepala KB Arroyyan

 

 

Tinggalkan Balasan