Kegiatan Anak Bersama Orang Tua di Rumah

Kegiatan Anak Bersama Orang Tua di Rumah
Sumber: http://freepik.com/yanalka

Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kebosanan bagi semua orang termasuk anak.

Bagaimanapun, ada kebaikan dari kejadian tersebut, berkumpulnya seluruh anggota keluarga yang biasanya sulit menemukan waktu karena kesibukan masing-masing. Dan, berikut tips kegiatan yang bisa dilakukan anak bersama orang tua untuk mengatasi jenuh:

1. Bermain di rumah

Orang tua dapat membuat permainan yang disesuaikan dengan kesukaan dan usia anak. Bermain juga akan lebih menyenangkan dengan melibatkan seluruh anggota keluarga dan variasikan permainan setiap harinya. Misal, menyusun puzzle bersama atau memasak kue favorit.

Kegiatan mendongeng juga bisa dilakukan dengan menggunakan tema menarik yang disepakati bersama. Bahkan bermain dengan modul lama biMBA AIUEO juga bisa dilakukan, sehingga melatih keterampilan anak dan orang tua mengetahui perkembangan anaknya.

Baca juga

2. Belajar di rumah

Anak tentunya rindu dengan suasana kelas dan kebersamaan dengan motivator juga teman-teman. Cara mengatasinya adalah pembelajaran melalui media online, agar sosialisasi terjaga dan ilmu tetap didapat.

Berdiam diri di rumah dalam jangka waktu yang lama juga memberikan kesempatan untuk menumbuhkan Minat baca pada anak. Selain kegiatan akademis, belajar yang juga penting dilakukan anak adalah membiasakan keterampilan hidup sehari-hari, seperti merapikan kamar, cuci piring sampai kerja bakti membersihkan rumah.

3. Ibadah di rumah

Hikmah ibadah bersama di rumah adalah ketenangan dalam beribadah dan meningkatkan keharmonisan keluarga. Ayah Bunda dapat mengajak anak menonton kisah religius yang menarik dan baca buku agama bergambar atau bermain mengumpulkan stiker menarik setiap anak melakukan ibadah.

Hal penting yaitu berikan contoh teladan agar anak meniru kebiasaan yang baik. Bagi umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa, dapat menjadikan momen ini menjadi kebersamaan dengan keluarga dan mengutamakan menerapkan nilai-nilai keagamaan.

Perubahan rutinitas dikarenakan dampak tetap di rumah saja akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, agar semuanya berjalan sesuai dengan yang diharapkan masing-masing anggota keluarga. Oleh karena itu, Ayah Bunda jangan lupa selama di rumah tetap berikan apresiasi berupa pujian atau pelukan kepada anak sekecil apapun usaha yang ia lakukan. Salam biMBA! (NH)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.