Kolase di Benteng Vredeburg Yogyakarta

Kolase di Benteng Vredeburg Yogyakarta

Yogyakarta – Murid-murid biMBA Bumijo Yogyakarta mengikuti kegiatan outing class yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018. Kali ini acara diselenggarakan di tempat bersejarah yang merupakan bekas markas perang tentara Belanda yaitu Benteng Vredeburg di kawasan Malioboro Yogyakarta. Kegiatan utama di tempat ini adalah membuat kolase dan tentu saja pentas baca yang diadakan di selasar salah satu gedung tua peninggalan Belanda itu.

Baca: Outbound 5 Unit biMBA-AIUEO Yogyakarta

Kolase adalah seni menempel potongan-potongan kertas pada permukaan gambar hingga membentuk gambar yang artistik. Ketika harus menempel gambar dengan potongan kertas, ternyata tidak semua anak mampu melakukannya dengan baik sehingga orangtua yang mendampingi pun akhirnya harus turun tangan. Jadilah acara ini memupuk kerjasama serta kekompakan anak dan orangtuanya.

Selain bertujuan untuk memberikan fasilitas belajar, outing class ini juga dimaksudkan untuk penyegaran atau refreshing. “Kebetulan masih dalam suasana perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Jadi pas banget kalau diselenggarakan di tempat bersejarah seperti ini,” ujar Choirin Nisak, Kepala Unit biMBA Bumijo Yogyakarta.

Seusai membuat kolase, dilanjutkan dengan acara khas biMBA yaitu pentas baca. Sejumlah anak menunjukkan kepercayaan dirinya maju ke depan. Acara bertambah meriah ketika dilanjutkan dengan tukar kado. Masing-masing anak telah membawa kado dari rumah seharga minimal Rp 3.000. Lalu mereka berbaris dan memberikan kado miliknya kepada teman di sebelahnya dan seterusnya.

Baca: biMBA Pandeyan dan Bumijo Yogyakarta Gelar Pentas Baca Berpakaian Tradisional

Pada kesempatan tersebut, Koordinator biMBA-AIUEO Wilayah Yogyakarta, Aksan Susanto, dalam sambutannya mengatakan, “Setelah beberapa bulan di biMBA, sekarang mama papa sudah paham bukan? Bahwa biMBA bukanlah les baca. Perbedaannya sangat mencolok. Les baca berorientasi pada hasil, sedangkan biMBA berorientasi pada proses. Oleh sebab itu, ketika kita lihat anak-anak biMBA bisa baca, hal itu semata-mata hanya dampak dari tumbuhnya minat baca dan bukan merupakan tujuan,” papar Aksan Susanto.

Kegiatan hari itu diakhiri dengan jalan-jalan berkeliling di dalam kompleks Benteng Vredeburg. Mereka masuk ke dalam ruang diorama dan menyaksikan peristiwa bersejarah yang ada di dalamnya. Anak-anak dan orangtua murid tampak senang, karena selain belajar di tempat ini mereka bisa sekaligus berwisata. (Aks)

Kerjasama serta kekompakan anak dan orangtua
Kerjasama serta kekompakan anak dan orangtua
Memamerkan karya, sekaligus berpose di tempat bersejarah
Memamerkan karya, sekaligus berpose di tempat bersejarah
Tukar kado
Tukar kado

Tinggalkan Balasan