Lokakarya Minat Baca Anak Bersama Dispusipda Jawa Barat

Lokakarya Minat Baca Anak Bersama Dispusipda Jawa Barat

Bandung – biMBA-AIUEO mengadakan lokakarya Minat baca anak bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat. Acara dilaksanakan dalam tema “Penumbuhan Minat Baca Anak Usia Dini dan Transformasi Perpustakaan untuk Kesejahteraan” yang bertempat di Aula Graha Pustaloka Dispusipda Jawa Barat.

Peserta kegiatan tidak lain adalah orang tua dan murid biMBA yang ada di wilayah Bandung. Lokakarya Minat baca anak ini turut dihadiri juga oleh Kepala Dispusipda Jawa Barat yaitu H. Riadi SKM., MPH. dan Kepala Bidang (Kabid) Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM) Dr. Hj. Neni Alyani, SE, M.Pd. Sementara itu dari biMBA-AIUEO diwakili oleh Koordinator Wilayah (Korwil) biMBA Cimahi, Waskito dan  Korwil biMBA Bandung, Hani Hanifah.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti seluruh hadirin dengan khidmat. Selanjutnya untuk membuat suasana lebih semarak, para motivator biMBA mengajak murid-murid menyanyikan lagu La biMBA. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari biMBA-AIUEO dan Dispusipda.

Kali ini sambutan yang mewakili biMBA-AIUEO disampaikan oleh Korwil Cimahi, Waskito. Dalam sambutannya ia menyampaikan, “Semoga kegiatan yang berhubungan dalam penumbuhan Minat Baca dapat terus terlaksana dan biMBA-AIUEO dapat bersinergi dengan Dispusipda Jawa Barat.” Waskito juga berharap agar Minat Baca dapat lebih disosialisasikan lagi kepada masyarakat luas.

Baca juga

Sementara Kepala Dispusipda Jawa Barat, Riadi menyampaikan bahwa generasi saat ini bukan lagi generasi milenial akan tetapi generasi Z yang mana akses informasi dan teknologi begitu cepat berkembang.

“Sekarang ini buku-buku yang ada di perpustakaan pun sudah dapat diakses melalui internet sehingga perpustakaan pun harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan membuat perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan dan ramah anak,” imbuhnya.

Menurut Riady, Dispusipda ingin merangkul berbagai elemen masyarakat yang memiliki metode dalam pengembangan Minat baca yang dapat memberikan dampak bagi masyarakat.

Memasuki acara utama, diawali dengan story telling atau pembacaan dongeng dari pustakawan. Setelahnya dilanjutkan pentas baca murid-murid biMBA serta penampilan dari salah satu murid biMBA yang menari Jaipongan. Selama murid-murid biMBA mengikuti acara tersebut, para orang tua mendapatkan pelatihan keterampilan singkat.

Acara yang dilaksanakan pada 4 November 2019 ini ditutup dengan melakukan senam Gemu famire yang diikuti semua yang hadir di ruangan itu. Lokakarya Minat baca anak ini berlangsung meriah dan lancar dari awal hingga akhir. (Riz)

 

Sambutan dari Kepala Dispusipda Jawa Barat yaitu H. Riadi SKM., MPH.
Sambutan dari Kepala Dispusipda Jawa Barat yaitu H. Riadi SKM., MPH.
Penyerahan cinderamata dari biMBA-AIUEO kepada Kepala Dispusipda.
Penyerahan cinderamata dari biMBA-AIUEO kepada Kepala Dispusipda.
Aksi murid biMBA menari Jaipongan.
Aksi murid biMBA menari Jaipongan.
Foto bersama perwakilan biMBA-AIUEO dengan Kepala Dispusipda dan Kabid BPBGM.
Foto bersama perwakilan biMBA-AIUEO dengan Kepala Dispusipda dan Kabid BPBGM.

Tinggalkan Balasan