Manfaat Membimbakan Bagi Anak dan Orang Dewasa

Manfaat Membimbakan Bagi Anak dan Orang Dewasa

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang pengertian dari kata membimbakan. Bagi Ayah Bunda yang belum mengetahui bisa membacanya terlebih dahulu agar bisa lebih paham tentang arti dari kata membimbakan.

Tahukah Ayah Bunda? Proses membimbakan ini tidak hanya bisa diterapkan untuk anak-anak saja akan tetapi kita sebagai orang dewasa juga dapat dibimbakan. Mengapa sebagai orang dewasa juga harus dibimbakan? Karena agar kita dapat menjadi seorang pembelajar dan peduli untuk melakukan perbuatan yang baik.

Sebelum membimbakan anak-anak dan orang lain, bisa dimulai dari diri kita terlebih dahulu yang harus berkomitmen untuk mau belajar dan berusaha peduli dengan yang lainnya ya Ayah Bunda. Kita sebagai orang dewasa memiliki kewajiban untuk selalu belajar di mana pun dan kapan pun, agar dapat bahagia dan selamat dalam menjalani kehidupan.

Anak usia dini memang belum berkewajiban untuk belajar, akan tetapi kita sebagai orang dewasa memiliki kewajiban untuk membimbingnya dalam menumbuhkan Minat belajar, caranya yaitu dengan membimbakan anak.

Baca juga

Ketika proses membimbakan ini sudah bisa kita lakukan, maka banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga kita orang dewasa. Ayah Bunda penasaran apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari proses membimbakan anak? Berikut ini manfaatnya.

Manfaat bagi anak

Membimbakan dapat membuat anak terlihat senang, semangat, ceria, dan antusias karena waktunya lebih banyak bermain dengan permainan yang edukatif dan konstruktif (ketika di biMBA AIUEO InterViO suka bermain baca-bacaan modul biMBA). Minat baca dan Minat belajarnya semakin menggelora sehingga kemampuan anak semakin meningkat. Anak akan tetap bisa bermain namun kebutuhan pendidikannya tetap terpenuhi.

Manfaat bagi orang dewasa

Membimbakan bagi orang dewasa dapat membuat senang, awet muda, dan bahagia. Apalagi jika orang dewasa menikmati proses membimbakan tersebut dan mempunyai tujuan untuk membimbakan anak-anak. Orang dewasa juga bisa semakin sabar, semangat dan terampil karena selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik. Kemudian bagi kita orang tua, juga akan bahagia ketika anak kita tumbuh Minat baca dan Minat belajarnya. Hubungan kita orang tua dengan anak akan menjadi lebih harmonis karena tidak ada lagi proses memaksakan dan marah-marah kepada anak.

Ayah Bunda, itulah manfaat yang bisa dirasakan ketika kita membimbakan anak. Selain manfaat, ada beberapa dampak yang dapat dirasakan ketika proses membimbakan ini tidak kita lakukan.

Dampak jika anak tidak dibimbakan yaitu akan membuat proses bermain sambil belajar menjadi tidak menyenangkan. Kalau tidak fun learning, maka anak tidak akan mau mengulang kembali proses belajarnya, sehingga berdampak malas belajar dan kemampuan anak tidak meningkat. Dampak terbesarnya adalah menjadi benci belajar.

Luar biasa sekali ya Ayah Bunda manfaat yang bisa dirasakan. Yuk, Ayah Bunda mulai saat ini kita lakukan proses membimbakan ini agar kita semua dapat selamat dan bahagia. (Hana)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.