Manfaat Mewarnai dan Mencoret Bebas Bagi Anak

Manfaat Mewarnai dan Mencoret Bebas Bagi Anak

Saat masih anak-anak, kita pasti sering melakukan kegiatan mewarnai dan mencoret bebas. Hanya dengan media kertas dan alat mewarnai, kita akan merasa sangat senang karena bisa berkreasi sesuka hati. 

Nah, ternyata dibalik itu semua, mewarnai dan mencoret bebas punya banyak manfaat untuk buah hati, lho. Ayah Bunda harus tahu nih, apa saja manfaat yang didapatkan oleh si kecil dari kegiatan mewarnai dan mencoret bebas ini. Yuk simak!

1. Menumbuhkan Minat Menulis

Mewarnai dan mencoret bebas merupakan salah satu cara menumbuhkan Minat menulis pada anak. Ayah Bunda dapat memberikan kertas kosong dan alat tulis kepada anak sebagai media bermain. Lakukan proses bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.

2. Sebagai Wadah Berekspresi

Sama seperti orang dewasa, mewarnai dan mencoret bebas bisa menjadi wadah untuk anak mengekspresikan diri. Sebab, warna yang dipilih serta hasil gambar si kecil biasanya akan sesuai dengan emosi yang sedang mereka rasakan.

3. Mengurangi Emosi Negatif

Dalam kegiatan mewarnai dan mencoret bebas, si kecil dapat menyalurkan emosi negatif yang sedang mereka rasakan saat itu dengan bebas. Misalnya, sedih karena mainan kesayangan rusak, senang karena mendapat teman baru, hingga takut pada hewan. Dengan kegiatan mewarnai dan mencoret bebas, tubuh serta pikiran si kecil juga akan menjadi lebih nyaman.

Baca juga

4. Melatih Motorik Halus Anak

Kegiatan mewarnai dan mencoret bebas yang menyenangkan akan membuat anak memiliki keinginan untuk mengulang. Akibatnya, otot-otot pada tangan anak akan semakin kuat. Sehingga, motorik halus si kecil mengalami perkembangan yang nantinya akan berguna bagi mereka dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mulai dari menulis, mengetik, hingga menggunting.

5. Melatih Kesabaran

Mewarnai dan mencoret bebas dengan tingkat kesulitan tertentu akan membuat buah hati Ayah Bunda belajar untuk bersabar. Anak akan paham bahwa membuat sesuatu yang bagus dan rapi tidaklah mudah. Ada usaha yang perlu dilakukan oleh si kecil agar hasil gambar bisa sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, anak akan mengerjakannya dengan berhati-hati dan sabar.

6. Membantu Mengenal Warna

Dalam penggunaan alat mewarnai, secara tak langsung bisa membantu anak dalam mengenal perbedaan warna, jenis, dan fungsinya. Misalnya, stroberi berwarna merah, rambut berwarna hitam, dan pisang berwarna kuning.

7. Melatih Kreativitas dan Daya Imajinasi

Saat mewarnai dan mencoret bebas, Ayah Bunda baiknya memberi kebebasan pada anak untuk menentukan gambar yang dibuat dan warna yang akan diaplikasikan. Sebab jika dilarang atau terus diatur, imajinasi mereka justru akan terhambat perkembangannya karena sudah terbiasa hanya mengikuti perintah. Kegiatan mewarnai dan mencoret bebas pun tidak akan menyenangkan bagi anak.

8. Meningkatkan Konsentrasi

Jika sudah menyukai kegiatan mewarnai dan mencoret bebas, anak akan fokus pada kegiatan yang sedang dikerjakan dengan sendirinya. Sehingga, si kecil tetap fokus pada hal yang dikerjakannya meski dikelilingi aktivitas yang berbeda-beda. Dapat pula melatih anak dalam mengerjakan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Wah, ternyata banyak ya manfaat dari mewarnai dan mencoret bebas ini. Selain kegiatannya menyenangkan bagi si kecil, kegiatan ini juga memberi dampak positif pada perkembangannya. Untuk tingkat kesulitannya, Ayah Bunda tetap perlu menyesuaikan dengan kemampuan dan usia anak, ya. Berikan gambar yang mudah dan tidak memiliki banyak detail terlebih dahulu. Semoga bermanfaat. (FS)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: