Memulai Kebiasaan Membaca yang Konsisten

Kebiasaan Membaca yang Konsisten

Menurut sebuah surat kabar yang diterbitkan pada tahun 2010 lalu, indeks minat baca orang Indonesia masih sedikit yaitu hanya di kisaran 0,001 yang artinya 1:1000 untuk setiap orang yang memiliki minat membaca. Lebih parahnya lagi, menurut survey UNESCO, indeks membaca orang Indonesia berada di urutan ke-38 dari 39 negara di ASEAN karena kebiasaan membaca belum menjadi budaya.

Baca: Penyebab Rendahnya Minat Baca Masyarakat Indonesia

Indeks membaca yang cukup rendah tersebut, maka solusinya adalah budaya membaca yang harus diterapkan sesegera mungkin. Cara yang sederhana dapat kita lakukan adalah memulai kebiasaan membaca yang konsisten, maka kebiasaan membaca dapat menjadi budaya yang positif demi kemajuan bangsa.

Berikut ini beberapa cara untuk menumbuhkan kebiasaan membaca:

Mulailah dari diri kita sendiri

Cobalah untuk menerapkan kebiasaan membaca dalam rentan waktu singkat terlebih dahulu. Kita yang tadinya tidak terlalu suka membaca juga bisa menerapkan cara ini. Waktu antara 10-15 menit adalah waktu yang cukup sebagai permulaan dalam membaca. Bacalah buku apapun setiap harinya dalam kurun waktu tersebut. Jika kita melakukan kebiasaan ini secara konsisten setiap harinya, maka lama-kelamaan akan menjadi terbiasa membaca buku.

Baca: Memulai Kebiasaan Membaca yang Konsisten

Manfaatkan uang untuk membeli buku

Jika kita merasa bahwa uang yang dimiliki saat ini kurang bisa dimanfaatkan dengan maksimal, maka cobalah untuk membiasakan diri membeli buku-buku berkualitas setiap minggunya. Tidak peduli apakah kita membacanya atau tidak, namun dengan terbiasa membeli buku maka secara tidak langsung kita musti membaca buku tersebut supaya tidak sia-sia. Dengan begitu, kebiasaan membaca akan terbentuk dengan sendirinya.

Hal ini bisa ditularkan kepada anak, anak meniru apa yang dilakukan orang sekitarnya terlebih lagi orangtuanya. Nah jika kita ingin anak memiliki Minat baca maka diri kita sendiri juga harus menjadi seorang pembelajar.(Ern)

Tinggalkan Balasan