Peran Orang Tua dalam Menanamkan Minat Baca Anak

Peran Orangtua dalam Menanamkan Minat Baca Anak

Kehadiran buah hati pasti menimbulkan harapan bagi setiap orang tua, mereka menginginkan anak yang cerdas, memiliki wawasan yang luas, bahagia dan sukses. Faktor utama menanamkan kecerdasan pada anak adalah dengan menanamkan Minat baca sejak usia dini, karena dengan membaca wawasan anak semakin banyak, namun kegiatan membaca harus ditanamkan melalui pendidikan dan kebiasaan di dalam keluarga.

Membaca adalah proses mengenal kata, memadukan arti kata dalam kalimat, dan struktur bacaan, tujuannya adalah seseorang mampu membuat intisari dari bacaan atau mengerti apa yang dibaca. Sementara Minat baca itu sendiri adalah suatu kekuatan yang memotivasi anak merasa tertarik dan senang dengan aktivitas membaca atas kemauannya sendiri.

Baca juga

Begitu penting peran orang tua dalam menanamkan Minat baca anak, di dalam keluarga anak mulai mengenal hidupnya. Setiap anak memiliki potensi, namun orang tua perlu memperhatikan anak agar potensi yang dimiliki dapat berkembang dengan baik. Penanaman Minat baca adalah sebuah investasi untuk masa depan anak karena membaca bukan hanya bisa mengubah sudut pandang seseorang tetapi juga bisa mengubah hidup seseorang secara total.

Ayah bunda, membimbing Minat baca pada anak memang memerlukan kesabaran, kesungguhan dan keyakinan. Kita harus memahami terlebih dahulu manfaat dari membaca bagi anak, mengapa membaca itu penting? Ketika membaca sudah menjadi kebiasaan, diharapkan bisa menjadi budaya masyarakat agar gemar membaca. Ayah bunda jangan pernah lelah mendidik anak dan tumbuhkan Minat baca anak sejak dini. (Ern)

Tinggalkan Balasan