Mendidik Anak Hidup Bersosial

Mendidik Anak Hidup Bersosial
Anak akan berinteraksi dan terus beradaptasi dengan sesama teman yang berbeda karakter [cakapsehat.com]
Ayah bunda, mengapa anak harus hidup bersosial? karena anak akan berinteraksi dan terus beradaptasi dengan sesama teman yang berbeda. Mereka mulai mengenal budaya, gender, agama dan paling penting adalah karakter dari setiap anak, saat ini anak harus mampu membangun hubungan secara emosional. Tahukan bahwa dengan hidup bersosial dapat membangun kesuksesan anak di masa depan.

Baca: Bagaimana Agar Anak Dapat Bersosialisasi?

Orangtua wajib membantu dan mengembangkan keterampilan anak dalam bersosialisasi, berikut ini yang perlu kita ketahui seputar sosial di dunia anak.

Anti Kompetisi

Memang semakin dewasa persaingan akan semakin ketat, untuk masuk sekolah saja anak harus mengikuti tes yang dianggap sesuai dengan standar sekolah. Alhasil sekolah menjadi tempat berkompetisi, untuk mendapat yang terbaik maka harus mengalahkan yang lain. belum lagi anak-anak di luar sana yang juga memiliki tujuan yang sama.

Empati

Empati sangatlah penting untuk diajarkan kepada anak, agar anak bisa bersikap baik kepada orang lain yang berada dalam kesusahan atau lebih rendah status sosialnya. Selain itu, akan membuat anak bisa melihat dari sudut pandang orang lain mengapa seseorang melakukan satu tindakan, apalagi dalam mengambil satu keputusan. Dengan berempati akan membuat anak bisa menghargai orang lain, terutama orang yang sedang berada dalam kesusahan.

Mendengarkan

Ajarkan kepada mereka bahwa sikap mendengarkan itu sangat penting. Memberikan perhatian yang penuh kepada orang lain saat berbicara tentunya akan membuat mereka lebih merasa dihargai. Mereka juga bisa mendapatkan informasi yang lengkap dari percakapan yang sedang berlangsung. Sikap ini juga akan ditunjukkan kepada anak saat mereka berbicara.

Baca:  Tips Berkomunikasi dengan Anak

Komunikasi

Keterampilan berkomunikasi sangat penting diajarkan, bukan berbicara kepada anak. Ini semua diawali di rumah. Mengajarkan anak cara berkomunikasi maka semua informasi penting dapat dipahami dan akan membuat anak lebih lihai dalam melakukan percakapan dengan orang lain di luar rumah. (Ern)

 

Tinggalkan Balasan