Mengapa Anak Malas Belajar?

Pernahkah Ayah bunda merasa kecewa ketika melihat nilai anak yang turun? Bahkan tanpa sadar tidak sedikit orangtua yang menganggap anaknya malas belajar. Lantas apakah benar hal ini adalah kesalahan anak? Kemalasan pada anak secara psikologis adalah wujud dari lemahnya kondisi mental, fisik, psikis, dan intelektual anak.

malas belajar

Setiap anak yang malas belajar memiliki alasan, apa saja alasannya?
1.Tidak ada motivasi
Motivasi ini kemungkinan belum tumbuh karena anak belum mengetahui manfaat belajar dan belum ada keinginan yang ingin dicapai. Tidak adanya motivasi juga disebabkan banyak hal yaitu rasa percaya diri yang rendah, kurang perhatian dari orangtua atau orang sekitar, dan tidak ada yang menyemangati, sehingga anak tidak memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.
2.Orangtua terlalu menuntut
Banyak orangtua yang menuntut anak belajar hanya demi angka atau nilai, bukan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab anak selaku pelajar. Akibat dari tuntutan tersebut tidak sedikit anak yang stres sehingga nilai yang diperolehnya kurang memuaskan.
3.Guru tidak siap mendidik
Guru merupakan teladan bagi murid-muridnya. Namun banyak anak yang mengeluh dengan sikap guru dalam mendidik, guru tidak siap mengajar, tidak menguasai bidang pelajaran, terlalu banyak memberikan tugas, dan tidak bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga membuat anak cepat bosan, dampaknya anak menjadi malas belajar.
4.Suasana belajar yang baik
Ayah bunda rumah mewah dan megah tidak menjamin anak rajin belajar atau sebaliknya rumah sederhana menjadi faktor mutlak anak malas belajar. Suasana belajar yang baik adalah kondisi yang tidak penuh kegaduhan, tidak berantakan, tidak pengap, dan siapkanlah fasilitas belajar untuk anak. Saat kondisi belajar sudah memungkinkan selanjutnya temani anak belajar bersama tanpa menghilangkan hak bermain anak.
Bermain sambil belajar adalah kegiatan yang bisa membuat anak senang, tentu saja kita harus memvariasikan setiap permainan itu sehingga anak menganggap bahwa belajar sama menyenangkannya dengan bermain.

Beberapa alasan di atas ini yang membuat anak malas belajar. Apabila anak malas belajar maka kita harus mampu mengoreksi diri kita sendiri terlebih dahulu, apakah metode yang dilakukan sudah benar atau belum. Pada dasarnya setiap anak senang belajar, saat anak malas belajar berarti ada kesalahan dalam mendidik anak. (Ern)