Mengapa Menumbuhkan Minat Baca Anak Penting?

Organisasi pendidikan internasional UNESCO mencatat bahwa Minat baca anak-anak di Indonesia tergolong masih kalah bila dibandingkan dengan anak-anak di negara lain. secara persentase, Minat baca pada mereka hanya sebesar 0.001%. Hal ini artinya, dari 1000 anak Indonesia, hanya seorang anak saja yang menjadikan membaca sebagai salah satu kebiasaannya.

Menumbuhkan Minat Baca Anak

Kenyataan ini tentu cukup memprihatinkan. Kondisi ini bisa terjadi karena sejak dini orangtua tidak menanamkan kebiasaan membaca. Maka dari itu diharapkan orangtua dapat menjadi contoh sehingga kebiasaan membaca bisa ditiru oleh anak.

Menanamkan kebiasaan suka membaca demi menumbuhkan Minat baca anak sesungguhnya adalah hal yang sangat mendesak. Salah satu sarana yang paling efektif adalah buku dan bukannya teknologi yang maju saja karena buku adalah media pendidikan yang paling handal.

Tak peduli dengan pendidikan terakhir seseorang dengan rajin membaca buku dia bisa menjelma menjadi orang yang lebih cerdas, berwawasan luas, dan lebih bijaksana karena sudut pandangnya menjadi lebih luas dibandingkan orang lain. Inilah pentingnya membuat si kecil suka membaca sejak usia dini.

Bukankah anak adalah investasi yang paling berharga bagi semua orangtua di dunia ini? Setiap kehadiran seorang anak akan menciptakan harapan-harapan yang baik pada pikiran orang tua. Selain itu orang tua juga pasti mengidamkan untuk mempunyai buah hati yang berwawasan luas serta cerdas.

Hal ini bisa diupayakan sedini mungkin sekali lagi dengan membaca. Menanamkan Minat baca pada anak di usia dini akan membawa kontribusi besar bagi kecerdasan mereka. Bila sejak dini anak sudah mampu membaca dan dapat menikmati aktifitas membaca tentu wawasan mereka akan menjadi lebih luas.

Rajin membaca juga membawa dampak positif yaitu menjadi lebih cepat dalam penguasaan bahasa ibu serta membantu anak lebih mahir membaca. Kebiasaan membaca suatu masyarakat bahkan bisa menjadi indikator peradaban atau kemajuan sebuah bangsa walaupun memang hal ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Tak hanya proses, dibutuhkan pula waktu yang cukup panjang untuk menciptakan masyarakat yang terbiasa membaca sebagaimana di negara maju di mana membaca telah menjadi salah satu kebudayaan yang mendarahdaging.

Sebagai negara yang tergolong berkembang saat ini negara kita memang masih dalam proses menuju masyarakat yang suka membaca, yang harus dilakukan orang tua dalam mengajari buah hatinya membaca agar Minat baca anak tumbuh adalah menciptakan aktifitas ini sebagai kegiatan yang menyenangkan. Karena belum mengerti akan manfaatnya bagi mereka kelak saat dewasa tentu aktifitas belajar sering dianggap membosankan bagi sebagian besar anak.

Pada umumnya mereka lebih suka melakukan hal sesuai nalurinya yaitu bermain dengan penuh keriaan atau hal lainnya yang tak terlalu jauh dari aktifitas permainan. Nah, untuk itu buatlah aktifitas berlatih membaca ini seolah-olah merupakan hal yang menyenangkan dengan menciptakan suasana yang membuat mereka nyaman.

Orangtua harus berhati-hati agar kegiatan ini tak sampai menimbulkan beban bagi mereka agar tak terjadi trauma. Buku-buku bergambar yang berwarna-warni bisa menjadi pilihan untuk menarik perhatian mereka. Tanamkan kesan bahwa belajar membaca bisa menjadi aktifitas yang mengasyikkan. Tetap semangat dan terus belajar. (Pk/Ern)

Tinggalkan Balasan