Mengapa Minat Belajar Perlu Ditumbuhkan?

Mengapa Minat Belajar Perlu Ditumbuhkan?
Sumber: Pixabay

Ayah Bunda tahu tidak bahwa Minat belajar anak perlu ditumbuhkan? Minat belajar sangat penting untuk ditumbuhkan agar anak senang dan semangat dalam belajar. Minat itu sendiri adalah dorongan dari dalam diri sendiri tanpa adanya paksaan dari mana pun.

Mengapa perlu ditumbuhkan sejak dini? Tujuannya agar terbentuk pola pembiasaan belajar. Pola inilah yang akan membentuk karakter anak hingga ia dewasa kelak. 

Belajar bukan diartikan hanya membaca buku atau kegiatan persekolahan saja. Anak akan belajar banyak hal dari lingkungannya, termasuk bermain pun merupakan salah satu proses belajar bagi anak.

Bagaimana menumbuhkan Minat belajar? Caranya dengan membahagiakan anak, yaitu buat anak senang dengan kegiatan positif yang ia lakukan. Jangan memaksa anak untuk belajar, apalagi sampai membentaknya. Jika anak belum mau belajar, awali dengan memberikan kegiatan yang ia sukai terlebih dahulu. 

Baca juga

Hal utama yang harus dilakukan adalah membuat anak suka bukan bisa. Jika anak suka, maka ia akan bisa, bila anak bisa belum tentu ia suka. Banyak orang yang bisa baca, tapi tidak suka membaca.

Banyak orang yang mampu menulis, tapi malas menulis, dan banyak yang mampu berhitung tapi benci matematika. Ini adalah bukti bahwa menumbuhkan Minat belajar itu penting sebagai pondasi awal bagi anak menjalani kehidupannya kelak.

Anak yang senang belajar akan tumbuh menjadi anak yang bahagia, ceria, aktif, santun, tidak egois, dan kritis. Karakter ini akan terus terbawa sampai ia dewasa kelak. Anak akan tumbuh menjadi pribadi dewasa yang tidak mudah menyalahkan orang lain, tidak mudah stress karena ia mampu menyikapi dengan positif setiap keadaan sebagai proses belajar.

Setelah tumbuh Minat belajarnya, arahkan agar anak Minat membaca karena sebagian besar kegiatan belajar dilakukan dengan membaca. Jika anak senang membaca, ia dapat belajar secara mandiri tanpa tergantung orang lain, baik itu guru ataupun orang tuanya.

Membangun Minat baca dan belajar merupakan pondasi dasar untuk mewujudkan generasi bahagia sepanjang hayat yang senang belajar dan memperbaiki diri. Semoga bermanfaat.

Salam biMBA. (LPH)

Tinggalkan Balasan