Mengatasi Hambatan Mental pada Anak

Mengatasi Hambatan Mental pada Anak
Sumber: Belajar yang menyenangkan adalah solusi bagi anak yang mengalami hambatan mental [google.com]
Ayah bunda, setelah kita mengetahui hambatan mental pada anak maka cara terbaik agar anak tidak mengalami kesulitan belajar adalah mengatasi masalah mental terlebih dahulu. Kita perlu memberikan strategi belajar yang tepat pada anak yaitu proses belajar yang menyenangkan, bertahap, dan menjadikan anak subjek belajar.

Tentu saja bukan hanya peran guru, tetapi orang tua sangat dibutuhkan, tanpa dukungan dari orang tua anak tidak akan memberikan hasil yang maksimal, meskipun orang tua telah memberikan semua upaya. Kita jangan hanya ingin dipahami oleh anak, tetapi justru kita yang harus memahami karakter anak.

Baca juga

Dukungan dan kasih sayang yang orang tua berikan kepada anak akan menjadi sumber motivasi yang membuat anak lebih siap dengan berbagai masalah yang ada. Meskipun, tidak jarang sumber dari hambatan mental itu orang tua. Artinya kita juga perlu belajar untuk bisa mengerti dan memahami apa yang anak rasakan dan bagaimana cara membangkitkan motivasi mereka. Jadi bekerjasamalah dengan anak. Jadilah partner yang baik untuk anak bukan menjadi orang yang mereka takuti.

Ayah bunda, jika kita sudah memberikan strategi belajar yang tepat dengan proses belajar yang menyenangkan, juga didukung oleh motivasi dari orang tua maka perlahan-lahan anak akan senang belajar dan tidak merasa kesulitan dalam belajar. Tentu saja orang tua tidak harus memarahi anak, jika ia tidak mau belajar karena anak telah memiliki fondasi minat belajar sampai ia dewasa nanti. (Ern)

Tinggalkan Balasan