Mengembangkan Minat Anak Sejak Dini

Mengembangkan Minat Anak

Keberhasilan seorang anak tidak lepas dari bagaimana orangtua membekali anak dan menemukan fokus belajarnya yang menjadi bidang pilihannya. Tetapi seringkali kita juga dilanda kebingungan  dalam memfasilitasi belajar anak, demi keberhasilan anak kita rela melakukan hal apapun dan tanpa sadar anak tidak menyukainya.

Baca juga  :  Peran Orangtua untuk Meningkatkan Minat Baca Anak

Ayah bunda kita harus memperhatikan hal penting dalam mengembangkan Minat mereka. Pastinya kita harus mengetahui kesukaan anak terhadap bidang yang digelutinya, diawali dengan menciptakan lingkungan rumah yang nyaman karena disana waktu yang paling banyak anak habiskan. Jangan sampai mereka tidak nyaman di rumah sendiri.

Ketika anak berminat terhadap suatu hal, rasa ingin tahu anak begitu besar. Sempatkanlah menjawab pertanyaan anak dengan baik, jika kita tidak mengetahuinya maka ajak anak mencari jawaban bersama-sama. Jangan batasi rasa ingin tahu anak dengan bentakan atau kemarahan  karena anak merasa bahwa bertanya adalah sesuatu yang salah.

Baca juga  :  Bakat Tanpa Minat, Bagaimana hasilnya?

Mengembangkan Minat anak sejak usia dini adalah hal penting untuk masa depan anak. Barangkali kita pernah mendengar kasus anak yang tidak pintar dalam bidang tertentu tetapi di bidang lainnya ia terlihat tekun dan terampil. Itulah bidang yang harus difokuskan kepada anak, saat anak tertarik dan menyukai bidang tersebut maka proses belajarnya menjadi menyenangkan tanpa beban sehingga minat anak semakin meningkat. Yuk kita ketahui dan tumbuhkan Minat anak sedini mungkin. (Ern)

 

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!