Mengembangkan Sikap dan Perilaku yang Baik Pada Anak

Sikap dan Perilaku yang Baik Pada Anak
Sumber: Freepik.com/pressfoto

Jika berbicara anak, pastinya Ayah Bunda langsung menuju kepada buah hatinya. Selain lucu dan tingkahnya yang menggemaskan, anak-anak juga dikenal memiliki sikap yang suka bermain dan aktif. Perlu diketahui, bahwa kebanyakan dari mereka masih belum mengetahui bagaimana cara bermain sambil belajar dengan baik. 

Maka dari itu, tugas orang tua adalah  mengajarkan sejak dini bagaimana berlaku dan bersikap baik kepada orang lain. Baik itu kepada teman, saudara, tetangga, bahkan kepada orang tuanya sekalipun. 

Peran aktif orang tua dalam mendidik anak-anak mereka sangat diperlukan supaya anak memiliki perilaku yang baik. Sebenarnya tidak hanya orang tua saja yang bertugas mendidik anak, namun orang-orang disekelilingnya juga sangat diperlukan perannya.

Contohnya seperti pendidik dan lingkungan juga berperan aktif dalam membentuk perilaku anak tersebut. Alasannya adalah karena anak sering menghabiskan waktu bersama orang lain di dalam lingkungan sekitarnya, baik guru di sekolah, keluarga, bahkan tetangga.

Baca juga

Hal ini lah yang membuat mengapa anak-anak harus mendapatkan pendidikan yang layak sejak usia dini. Pendidikan yang layak bagi anak yaitu pendidikan yang benar-benar mengerti tentang dunia anak dan tahu cara dalam mendidik anak. 

biMBA AIUEO menjadi pendidikan bagi anak usia dini yang terbilang cukup relevan, karena sudah terbukti berhasil dalam mendidik setiap anak muridnya. Pendidikan di biMBA AIUEO yang mengedepankan Minat baca dan Minat belajar anak ini juga mengedepankan rasa nyaman pada anak saat proses belajar.

Kita biasa melihat pendidikan kebanyakan cara belajarnya sama. Dalam artian yaitu mereka diajar oleh satu pendidik dengan berisi puluhan murid dalam satu ruang, tentu saja hal ini tidak menciptakan kenyamanan pada anak. Sebab karakter anak tidak bisa disama ratakan dengan orang-orang di atasnya.

Jika ingin membimbing dan menciptakan karakter pada diri mereka, setiap pendidik harus bisa fokus kepada masing-masing anak. Maka dari itu biMBA AIUEO hanya membatasi bahwa setiap motivator hanya bisa membimbing kurang lebih 4 anak.

Selain itu, mengembangkan sikap dan perilaku anak memang tidak mudah, harus dengan kesabaran dan juga ketelatenan. Anak harus dibimbing, dilatih, dan dibiasakan agar memiliki sikap dan perilaku yang baik sejak dini, agar kelak ketika mereka sudah beranjak dewasa tidak membebani dan mudah diterima oleh orang-orang di sekitarnya, serta mudah untuk diarahkan. Anak yang memiliki sikap dan perilaku yang baik akan disenangi banyak orang.

Anak harus dibiasakan memiliki sikap tersebut walaupun hanya sedikit-sedikit mengaplikasikannya. Contohnya seperti meminjamkan pensil kepada temannya yang tidak membawa pensil, berbagi makanan satu dengan yang lain, membantu teman atau orang lain yang mengalami kesusahan, membantu Ayah Bunda di rumah, dan lain sebagainya. (Ajr)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.