8 Tips Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak

8 Tips Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak
Anak yang senang membaca akan senang mengulang-ulang sehingga menjadi semakin mahir

Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai anak saat anak masuk ke sekolah dasar, untuk mengasah Minat baca anak itu dibutuhkan latihan dan agar sering melakukan latihan maka upayakan agar anak merasa senang dengan kegiatan membaca sehingga sering diulang-ulang.

Anak-anak yang baru masuk sekolah dasar biasanya belum begitu lancar membaca. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk melatih keterampilan membaca sejak anak belum masuk sekolah dasar. Nah, trik-trik apa saja yang harus dilakukan orang tua untuk meningkatkan kemampuan membaca anak?

Baca juga

Dikutip dari Livestrong, ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk meningkatkan keterampilan membaca anak, yaitu:

1. Menyediakan fasilitas untuk membantu meningkatkan Minat baca anak.

Jika banyak barang yang menunjang akan membuat anak terdorong untuk membaca. Salah satu pilihannya adalah buku-buku yang menarik untuk anak-anak, seperti buku bergambar atau dengan warna-warna yang menarik perhatian anak.

2. Mengajak anak ke perpustakaan.

Di tempat ini anak-anak akan memiliki pilihan buku yang lebih banyak sehingga lebih memotivasi dirinya untuk membaca. Selain itu, di suasana di perpustakaan juga turut mendorong anak untuk ikut serta membaca.

3. Membacakan buku untuk anak.

Membacakan buku untuk anak dengan suara keras setiap hari bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca si kecil. Hal ini juga memungkinkan untuk anak mencoba membaca sendiri, karena baginya hal ini cukup menyenangkan.

4. Menjadikan suatu permainan.

Menjadikan cara belajar membaca menjadi sebuah permainan bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik bagi anak. Cobalah untuk mengajak anak mencocokkan antara awal suku kata dengan akhirannya sehingga anak bisa belajar membaca sambil bermain.

5. Menyanyikan lagu-lagu.

Lewat sajak-sajak lagu, anak akan belajar untuk menghubungkan antara huruf dan suara yang dibuatnya. Bernyanyi sambil bertepuk tangan mengikuti irama lagu juga dapat mendorong pemahaman kata-kata tersebut.

6. Menyediakan tempat khusus untuk membaca.

Menyediakan tempat khusus bagi anak untuk membaca akan memotivasi anak untuk belajar. Orang tua juga bisa turut terlibat untuk menggunakan tempat tersebut sehingga kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan bagi si kecil.

7. Biarkan anak mencoba untuk menulis.

Menulis juga bisa meningkatkan kemampuan anak membaca karena anak sambil belajar untuk menggabungkan antara huruf untuk membentuk suatu kata atau kalimat. Kegiatan ini juga membantu keterampilan menulis anak

8. Mengajak anak untuk membaca bersama.

Menghabiskan waktu untuk membaca bersama bisa memberikan pesan yang menyenangkan bagi anak. Biarkan anak memilih bukunya sendiri, lalu ajaklah membaca bersama-sama. Kondisi ini akan semakin memotivasi anak untuk belajar membaca. (Ern)

Tinggalkan Balasan