7 Tips Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Tahukah Ayah bunda, buah hati kita cenderung memilih kegiatan yang menyenangkan dibandingkan membaca, padahal membaca adalah kegiatan yang dapat menambah wawasan dan ilmu pada anak nantinya. Tetapi jika Kita dapat menciptakan suasana yang menyenangkan tentu saja mereka akan bersemangat untuk memulai kegiatan membaca.

Penulis buku anak terkenal yang bernama Peter Corey, menyarankan salah satu kunci sukses agar suasana kegiatan membaca dapat menyenangkan adalah bacalah bersama-sama dengan anak Anda. Membaca bersama si kecil adalah kegiatan yang positif dan edukatif, kegiatan tersebut dapat meningkatkan Minat baca anak Anda.

Tips untuk Anda meningkatkan Minat baca untuk Anak, yaitu:

1.      Kegiatan membaca bersama lebih efektif bila dilakukan 10-15 menit setiap harinya. Manfaatkanlah waktu sebelum tidur untuk membaca bersama.

2.      Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan, jadi hindari memaksakan anak dan biarkan ia memiliki inisiatif untuk memulai membaca.

3.      Setelah kegiatan membaca selesai, sebaiknya gunakan waktu untuk si kecil memberikan pendapat, kesan, ide tentang cerita tersebut dan dengarkan apa yang diutarakannya kemudian diskusikan.

4.      Selalu memilih cerita yang sederhana, lucu, bergambar, dan menarik untuk anak.

5.      Sederhanakan penggunaan kata-kata yang Anda ucapkan. Hindari membacakan kalimat yang panjang dan sulit dimengeri anak.

6.      Jangan khawatir jika anak Anda ingin membaca buku yang sama setiap saat. Anak-anak biasanya menikmati kegiatan pengulangan karena dapat membantu mereka untuk lebih memahami cerita.

7.      Berikanlah pujian kepada anak Anda yang telah berusaha untuk membaca. Biarkan ia tahu apa kesalahannya saat membaca. Dengan begitu, ia akan semakin sempurna dalam membaca.

Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)