Menumbuhkan Mental Percaya Diri pada Anak

Ayah bunda masih ingatkah ketika masih kecil dahulu tidak banyak dari kita yang memiliki mental untuk berani tampil di atas panggung, jangankan di atas panggung bahkan di depan kelas saja sudah gemeteran sehingga kita berharap nama kita tidak dipanggil. Ternyata menumbuhkan mental percaya diri pada anak adalah salah satu modal yang penting untuk masa depannya, alangkah lebih baik jika kita bisa mempersiapkannya sejak usia dini.

Menumbuhkan Mental Percaya Diri pada Anak

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kesuksesan anak di masa yang akan datang terjadi karena anak percaya akan kemampuannya, hal ini lebih besar pengaruhnya daripada kecerdasan, penghasilan keluarga. Namun, percaya diri bukan berarti sombong, tetapi adalah bagaimana kita bisa menghargai diri sendiri dengan kemampuan yang dimiliki.

Kepercayaan diri pada anak memiliki banyak manfaatnya, anak mampu melewati tantangan, berani mengambil resiko, tidak takut gagal, berani berpendapat dan dengan itu anak juga bisa menghargai oranglain. Contoh paling dekat yang mudah ditiru oleh anak adalah keluarga, jangan malu untuk sama-sama belajar dengan anak.

Bantulah anak untuk menumbuhkan mental kepercayaan dirinya, dengan itu anak akan jauh lebih bahagia dibandingkan mereka yang memiliki kepercayaan diri rendah, anak yang rendah diri berarti menganggap dirinya tidak memiliki kemampuan yang berarti, padahal setiap anak memiliki potensi yang bisa berkembang seiring dengan berjalannya waktu. (Ern)

Tinggalkan Balasan