Menumbuhkan Potensi Anak Lewat Bermain

Menumbuhkan Potensi Anak Lewat Bermain

Tahukah ayah bunda bahwa bermain dapat mengembangkan kreativitas anak? Padahal bermain termasuk salah satu kegiatan yang terkadang dipelekan orangtua bahkan dilarang. Namun, ternyata bermain merupakan cara untuk mengekspresikan perasaan dan emosi lebih cepat dibandingkan menyampaikan ekspresi secara verbal.

Baca juga  :  Bermain Penting untuk Anak? Simak Ini!

Pada tahap periode emas, anak membutuhkan banyak stimulasi. Semakin banyak stimulasi yang diberikan, anak akan semakin cerdas, salah satu bentuk stimulasinya adalah mainan. Melalui bermain anak bisa membangun pemahaman dan pengetahuan. Mulai dari melatih perkembangan otak dan motorik anak.

Baca juga  :  Menstimulasi Motorik Anak agar Optimal

Bermain membuat anak mampu mengenali lingkungan tempat ia tinggal, lingkungan sekolah, dan mengenali dirinya sendiri. Sehingga kemampuan fisik anak semakin terlatih, begitu pula kemampuan kognitif dan kemampuannya bersosialisasi. Anak lebih percaya diri pada orang lain, mandiri dan memiliki keberanian untuk berinisiatif.

Ayah bunda dengan kegiatan bermain anak akan semakin terampil dan menjadikan anak individu yang kompeten dan membuat anak menyadari kemampuan dan kelebihannya. Kita bisa menumbuhkan potensi anak lewat bermain. Nah selain itu kita juga bisa menjadikan proses belajar anak se-menyenangkan bermain.

Baca juga  :  Menerapkan Proses Belajar Menyenangkan untuk Anak Usia Dini

Menurut Hughes, seorang ahli perkembangan anak dalam bukunya Children, Play, and Development, bahwa belajar yang menyenangkan bagi anak harus diikuti dengan unsur-unsur permainan. Kita bisa menerapkan sendiri kegiatan belajar yang menyenangkan atau memasukkan anak ke sekolah yang menerapkan fun learning. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)

 

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!