Mesin Kecerdasan Anak adalah MINAT

Mesin Kecerdasan Anak adalah MINAT

“Anak saya akan menjadi apa ya ketika dewasa nanti?” Pertanyaan itu seringkali berputar-putar di kepala kita. Membuat anak menjadi yang terbaik adalah idaman semua orangtua. Maka itu tidak jarang kita menjejali anak dengan berbagai les yang tanpa sadar membuat anak tertekan karena menjalaninya dengan terpaksa.

Ayah bunda, memang sangat penting mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Paling utama yang harus ditumbuhkan adalah Minat Belajar anak itu sendiri. Mengapa demikian? Ketika kita sudah tahu Minat anak apa. Maka kita akan lebih mudah mengarahkan bidang apa yang sesuai dengan Minat anak sehingga potensi anak akan terus meningkat.

Baca juga  :  Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Contohnya ketika anak memiliki Minat di dunia musik, kita bisa mengarahkan anak untuk belajar musik lebih dalam. Saat anak suka bidang tersebut anak akan terus fokus dan tidak merasa terpaksa apalagi terbebani. Sebaliknya, jika kita tidak suka anak di bidang musik dan justru ingin anak menjadi seperti yang kita inginkan, maka anak akan menjalani bidang yang dipilih orangtua dengan setengah hati dan tidak enjoy.

Baca juga  :  Bakat Tanpa Minat, Bagaimana hasilnya?

Jangka panjangnya, hal tersebut akan menjadi sia-sia dan dampaknya anak akan benci belajar. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Ayah bunda yuk kita fokus pada Minat anak karena itu merupakan mesin kecerdasan anak yang sesungguhnya. (Ern)