Metode biMBA Jadi Cara Terbaik Mengedukasi Anak Tentang Virus Corona

Metode biMBA Jadi Cara Terbaik Mengedukasi Anak Tentang Virus Corona
Sumber: Freepik.com/prostooleh

Melihat situasi saat ini, pastinya banyak orang tua yang mendapat pertanyaan dari anak-anaknya. Hal itu dikarenakan saat ini Indonesia dan seluruh dunia sedang menghadapi masalah serius, yaitu Covid-19 atau yang sering kita dengar dengan sebutan virus corona. Adanya kejadian ini, maka pemerintah mengambil kebijakan untuk mengharuskan semua kegiatan di luar rumah ditiadakan, termasuk kegiatan dalam bidang pendidikan.

biMBA AIUEO turut mengambil kebijakan dalam masalah ini. Jadi untuk sementara waktu, proses bimbingan Minat baca dan Minat belajar anak di biMBA AIUEO diadakan dari rumah sampai kondisi membaik.

Tentu hal ini juga berdampak bagi anak dan peran orang tua benar-benar dibutuhkan. Anak tentu saja bertanya, seperti “Bunda kenapa aku gak boleh ke biMBA?” Mungkin itu menjadi salah satu pertanyaan yang sering didapatkan oleh orang tua murid biMBA.

Dalam hal ini, orang tua tidak perlu khawatir dalam menyikapi dan menjelaskannya pada anak. Tentu saja, pasti Ayah Bunda sudah mengenal masing-masing karakter anak.

Baca juga

Nah, karena usia mereka masih terbilang muda dan belum mengerti istilah kata-kata yang masih asing ditelinga mereka, Ayah Bunda harus menggunakan cara yang mudah dimengerti oleh anak. Praktisnya Ayah Bunda bisa menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak.

Jika Ayah Bunda telah menitipkan anaknya di biMBA AIUEO, sudah pasti tahu dengan metode biMBA yang diberikan. Jika Ayah Bunda kesulitan dalam menjawab dan menjelaskan pertanyaan kepada anak, maka Ayah Bunda perlu mencoba metode biMBA yang bernama Small Step System (bertahap). Jika dalam metode biMBA small step system digunakan dalam proses belajar secara bertahap, orang tua juga bisa menggunakan cara ini untuk menjelaskan kepada anak secara bertahap. 

Anak usia dini sudah pasti tidak mengerti jika kita menjelaskan menggunakan tatanan bahasa kita sehari-hari. Perlu diketahui bahwa di usia mereka, anak belum banyak mengenal kata-kata yang tidak sering mereka dengar. Mereka tidak perlu dijelaskan secara detail seperti nama virus atau ancaman virus global ini, sebab mereka masih sangat dini untuk memproses informasi seperti itu. 

Gunakan cara bertahap dalam menjelaskan kepada mereka, seperti membimbing anak agar lebih sering menjaga kebersihan dan sering mencuci tangan supaya terhindar dari penyakit ini.

“Kalau kakak nggak jaga kebersihan nanti bisa sakit, terus nggak bisa datang ke biMBA lagi. Makanya kita harus rajin cuci tangan pakai sabun ya, supaya kuman-kuman sama penyakitnya nggak berani datang ke kakak.” Mungkin seperti itu contoh sederhananya. 

Mengapa harus dengan menggunakan cara bertahap seperti itu? Karena tujuannya adalah, untuk memberikan pengertian yang sesuai dengan usia mereka. Jika semisal orang tua menjelaskan menggunakan istilah yang biasa digunakan, anak sudah pasti tidak paham. 

Maka dari itu gunakan cara bertahap yang dapat mudah dimengerti oleh anak seusia mereka. Selain itu, cara ini juga dapat membantu mereka agar lebih paham dalam menjaga kesehatan dan menetralisir kekhawatiran mereka. (Ajr)

Tinggalkan Balasan