Murid biMBA Haji Merin Belajar Membajak Sawah

Murid biMBA Haji Merin Belajar Membajak Sawah

Jakarta – Teman-teman siapa yang sudah pernah terjun ke sawah? Seru sekali saat murid biMBA Haji Merin Meruya diajak masuk ke area sawah. Mereka bermain lumpur sambil membajak sawah dengan kerbau, meskipun takut tetapi kerbaunya baik kok dan pastinya ditemani oleh pemandu yang akan menjaga murid biMBA di sawah. Kegiatan ini dilakukan di Taman Wisata Matahari, Bogor.

Baca: Kekompakan Murid biMBA Saat Bermain di Alam

Sebelum kegiatan dimulai, mereka berkumpul terlebih dahulu di tanah lapang. Perwakilan murid biMBA mulai membaca di tengah-tengah masyarakat. Namun, tidak semua anak bisa maju dan membaca, seperti yang disampaikan oleh Cucu Mulyati, Kepala Unit biMBA Haji Merin, “Anak-anak sangat antusias. Orangtua menginginkan putra-putrinya untuk ikut pentas baca, tetapi karena keterbatasan waktu maka yang ditampilkan hanya 4 anak saja. Padahal semuanya murid biMBA Haji Merin luar biasa sudah pandai semua membacanya.”

Setelah kegiatan pentas baca, kegiatan yang ditunggu-tunggu dimulai. Tidak sabar rasanya ingin mencoba menjadi petani dalam sehari. Mereka belajar mengenal proses pembuatan nasi dari padi yang dipanen hingga dikonsumsi. Dimulai dari menanam padi di sawah, menumbuk padi, dan membajak sawah. Mereka juga bersenang-senang bermain air saat menangkap ikan dan memandikan kerbau.

Baca: Murid biMBA Belajar Menanam Padi

“Anak bisa mengenal satu sama lain dengan teman-temannya. Bisa mengenal dan terjun langsung di alam, karena selama ini anak-anak hidup di kota jarang melihat dan menyentuh hewan dan tumbuhan. Saya harap murid biMBA Haji Merin bisa belajar bersosialisasi dengan teman-temannya dan lingkungan. Pastinya menjadi jauh lebih mandiri,” lanjut Cucu Mulyati. (Ern)

Berkumpul sebelum kegiatan
Berkumpul sebelum kegiatan
Pentas baca
Pentas baca
Menanam padi di sawah
Menanam padi di sawah
Menumbuk dan menginteri padi
Menumbuk dan menginteri padi
Hasil menangkap ikan
Hasil menangkap ikan
Foto bersama keluarga besar biMBA Haji Merin
Foto bersama keluarga besar biMBA Haji Merin

 

Tinggalkan Balasan